SD Mutual Kota Magelang, Sekolah Nomor Wahid di Kota Magelang

0
418

Sekolah Dasar Muhammadiyah Alternatif (SD Mutual) Kota Magelang termasuk sekolah unggulan di Kota Magelang. Bahkan, Walikota Magelang Ir. Sigit Widyonindito, MT, menyebutnya dengan SD nomor wahid di Kota Magelang.
Ini pernah disampaikan saat memberi motivasi dihadapan siswa SD Mutual Kota Magelang. Pagi itu, Senin (11/8) lalu, ia memimpin upacara bendera di SD Mutual Kota Magelang. Didampingi sejumlah Kepala SKPD, ia memberikan motivasi dan ajakan kepada para siswa agar terus meningkatkan disiplin belajar. “Ingin sukses harus diawali disiplin, mulai bangun pagi, datang sekolah tepat waktu, dan yang paling penting harus belajar sungguh-sungguh,” kata Sigit dalam pidatonya.
Sigit mengemukakan, sekolah ini merupakan sekolah unggulan nomor satu di Kota Magelang. Tidak semua anak bisa masuk ke sekolah ini, karena harus melewati berbagai tahapan seleksi. “Sebuah kebanggaan tersendiri tentunya bagi para siswa yang bisa menimba ilmu di sekolah ini. Prestasi yang telah banyak diraih wajib dipertahankan dan ditingkatkan lagi,” terang Sigit.
Sementara itu Kepala Sekolah SD Mutual, Salamun mengungkapkan, sederet prestasi yang telah diraih oleh sekolah yang ia pimpin merupakan upaya para guru dalam memberikan kualitas proses belajar-mengajar. Ia mengatakan, proses belajar-mengajar yang berkualitas antara siswa dengan gurunya merupakan kunci penting maju tidaknya sekolah tersebut.
Berjaya di Jawa Tengah
Selain menjadi sekolah unggulan tingkat dasar di Kota Magelang, berdasarkan hasil seleksi lomba sekolah unggulan SD/MI/SMA/SMK tingkat Provinsi Jawa Tengah di Univversitas Muhammadiyah Purwokerta bekerja sama dengan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Jawa Tengah tahun 2013, SD Mutual dinobatkan sebagai sekolah unggulan di Jawa Tengah. Sehingga sampai saat ini SD Mutual masih menjadi tujuan sekolah-sekolah di Jawa Tengah maupun luar jawa untuk kunjungan studi banding bahkan tiga bulan yang lalu kedatangan kunjungan dari sekolah kebangsaan Malaysia.
Selama 8 tahun SD Mutual juga mewakili Kota Magelang untuk lomba Olimpiade Sain Nasioanal (OSN) di provinsi Jawa Tengah. Bahkan 2012 berhasil mewakili maju tingkat International yaitu Interbational And Sains Olimpiade di India.
Prestasi gemilang SD Mutual itu tentu melewati proses dan perjalanan panjang. Ini menunjukkan bahwa Muhammadiyah tak harus lagi dipandang sebelah mata. (Fury Fariansyah)