Kaji Kitab Zakat, Buka Kuliah Subuh Ramadhan 1438 H Muhammadiyah Purworejo

0
840

PWMJATENG.COM,  Purworejo – Kuliah Subuh Ramadhan yang telah berjalan pada beberapa tahun kebelakang pada bulan Ramadhan, mulai digelar mengawali bulan Ramadhan 1438 H yang bertempat di Ruang Seminar Kampus Timur Universitas Muhammadiyah Purworejo. Program ini merupakan kerjasama Pimpinan Daerah Muhammadiyah Purworejo dan Pimpinan Daerah `Aisyiyah Purworejo bersama Universitas Muhamadiyah Purworejo.

Hadir pada hari pertama kurang lebih 100 orang jamaah yang berasal dari Purworejo dan sekitarnya. Disampaikan dalam sambutan membuka agenda Drs. H. Pujiono Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Purworejo bahwasanya pada forum semacam inilah kita dapat silaturahmi dan sekaligus meningkatkan pemahaman agama mengawali hari selama Bulan Ramadhan. “Kajian yang akan diselenggarakan pada bukan ramadhan tahun akan difokuskan pada pemberdayaan zakat. Serta permasalahan di sekitarnya,”ungkapnya.

Pelaksanaan kuliah subuh ini akan dilakksanakan sejak 1-25 Ramadhan dengan pemateri dari Pimpinan Daerah, Wilayah dan Pusat baik Muhammadiyah maupun `Aisyiyah yang setiap hari berganti dimulai pukul 06.00-07.00 WIB serta terkhusus hari ahad dimulai pukul 07.30-09.00 WIB dikarenakan pemateri dihadirkan dari luar kota Purworejo.

“Selain Kitab Zakat yang akan dibedah bersama Majelis Tarjih Pimpinan Daerah Muhammadiyah Purworejo juga akan membahas terkait tema-tema adab bersosialisasi dalam masyarakat. Dalam pembahasan nantinya akan merujuk pada kitab Bulughul Maram, Riyadhatus Sholihin dan yang lainnya,”ungkap Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag. mewakili panitia pelaksana.

Dalam pemaparan kajian pertama terkait Kitab Zakat disampaikan oleh Nif`an Nazudi, M.Ag. Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Daerah Muhammadiyah Purworejo yang membahas pentingnya amil dalam penerimaan zakat. Dilanjutkan pula dijelaskan mengenai kadar harta yang wajib dikeluarkan zakat serta disinggung pula terkait penerimaan infaq dan sadaqah. “Dengan adanya amil (petugas pengelola zakat) akan menghindarkan diri dari sifat individual pada saat mengeluarkan zakat jika disampaikan secara langsung pada yang menerima,” ujarnya.

Adapun materi yang akan dibedah selama kuliah sabuh ramadhan kali ini yaitu Kitab Zakat, Kitab Makanan, Adab Beribadah, Adab Berdoa, Adab dalam Pembicaraan, Adab Bertamu dan menerima tamu, Adab Menengok orang sakit dan mengantarkan jenazah, Adab terhadap orangtua dan guru, Adab Tidur, Adab Makan, Adab Berpakaian, Adab Bepergian dan Adabul Mar`ah.