Komunitas Rumah Baca Matahari Dapat Bantuan Hibah Buku dari Perpusnas

0
134

PWMJATENG.COM, Slawi – Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab Tegal mempunyai program komunitas Rumah Baca Matahari, Rabu (10/1/2018) . Melalui Serikat Taman Pustaka Muhammadiyah MPI Pimpinan Pusat Muhammadiyah menindaklanjuti tentang kerjasam dalam hal pengembangan taman baca komunitas kerjasama dengan Perpustakaan RI

Melalui MoU yang di programkan dengan mengajukan permohonan buku bacaan Fiksi dan Non Fiksi. Penandatangan MoU pada kopdarnas Literasi yang di laksankan di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Menurut, Hendra Apriyadi  ketua  MPI PDM Kab Tegal.

“Serikat Taman Pustaka Muhammadiyah MPI Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah membantu untuk menggerakan  komunitas taman baca / maupun para penggiat literasi untuk menhidupakan pentingnya budaya membaca dan menulis, maka dari itu kegiatan yang diawali dengan kopdarnas menghasilakn program yang menggembirakan bahwa ada bantuan hibah buku dari Perpustakaan Nasional untuk para penggerak  komunitas Literasi salah satunya adalah Rumah Baca Matahari MPI PDM Kab Tegal. Mendapatkan 500 Judul buku, rencananya akan digunakan untuk kegiatan Corner Literasi dan sekaligus akan membuat perpustakaan di Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab Tegal.

“Aktivitas membaca buku merupakan aktivitas yang bisa sepenuhnya dikontrol oleh seseorang. Seseorang bisa menutup buku jika bosan atau mengantuk, melompati halaman, atau kalau penasaran, bisa mengintip halaman akhir buku. Jika tekad dan keinginan seseorang untuk membaca buku sudah terkondisikan dengan baik, maka kebiasaan atau rutinitas akan terbentuk dengan sendirinya, secara alami. Kami meyakini, rendahnya indeks baca tersebut bukan karena kurangnya minat baca masyarakat, melainkan karena faktor terbatasnya akses terhadap buku dan kondisi lingkungan yang tidak mendukung budaya membaca (dan menulis), tambahnya. (Hendra Apriyadi)

TINGGALKAN KOMENTAR