BeritaKolom

Pembela Baitul Maqdis

Pembela Baitul Maqdis

Oleh : Muh. Nursalim*

PWMJATENG.COMย โ€“ย Said Hawa dalam karyanya yang berjudul Ar Rasul membahas tentang nubuwah, yaitu ramalan atau prediksi nabi tentang berbagai hal. Seperti tentang nasib seseorang, tentang keadaan zaman tertentu dan juga tentang kelompok manusia tertentu. Salah satu ramalan beliau adalah tentang selalu adanya pejuang yang akan membela Masjidil Aqsha. Berikut ini adalah sabda lengkapnya .

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจูู‰ ุฃูู…ูŽุงู…ูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ยซ ู„ุงูŽ ุชูŽุฒูŽุงู„ู ุทูŽุงุฆูููŽุฉูŒ ู…ูู†ู’ ุฃูู…ู‘ูŽุชูู‰ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุฏู‘ููŠู†ู ุธูŽุงู‡ูุฑููŠู†ูŽ ู„ูุนูŽุฏููˆู‘ูู‡ูู…ู’ ู‚ูŽุงู‡ูุฑููŠู†ูŽ ู„ุงูŽ ูŠูŽุถูุฑู‘ูู‡ูู…ู’ ู…ูŽู†ู’ ุฎูŽุงู„ูŽููŽู‡ูู…ู’ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุตูŽุงุจูŽู‡ูู…ู’ ู…ูู†ู’ ู„ุฃู’ูˆูŽุงุกูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูŽุฃู’ุชููŠูŽู‡ูู…ู’ ุฃูŽู…ู’ุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽู‡ูู…ู’ ูƒูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ยป. ู‚ูŽุงู„ููˆุง ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุฃูŽูŠู’ู†ูŽ ู‡ูู…ู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ ยซ ุจูุจูŽูŠู’ุชู ุงู„ู’ู…ูŽู‚ู’ุฏูุณู ูˆูŽุฃูŽูƒู’ู†ูŽุงูู ุจูŽูŠู’ุชู ุงู„ู’ู…ูŽู‚ู’ุฏูุณู – ู…ุณู†ุฏ ุฃุญู…ุฏ – (ุฌ 48 / ุต 430)

Dari Abu Umamah Ra. berkata, Rasulullah Saw. bersabda, โ€œAkan senantiasa ada sekelompok dari umatku kelompok yang selalu menolong kebenaran atas musuh mereka. Orang-orang yang menyelisihi mereka tidak akan membuatnya goyah kecuali orang yang tertimpa cobaan sampai datang keadaan mereka janji Allah.โ€ Para sahabat bertanya, di manakah mereka?โ€ Beliau menjawab Baitul Muqadas dan sekitar Baitul Muqadasโ€. (Hr. Ahmad)

Baitul Muqadas berarti rumah yang suci. Itu sebutan untuk Masjidil Aqsha. Kalau Masjidil Haram itu untuk sebutan masjid yang ada Ka’bahnya di Mekah. Dengan demikian kriteria suci Masjidil Aqsha itu datang dari Rasulullah Saw.

Saat Rasulullah Saw. mengucapkan ramalan tersebut kondisi Masjidil Aqha masih dikuasai oleh Kerajaan Romawi. Karena memang saat itu dunia itu dikuasai oleh dua negara superpower yaitu Romawi dan Persia. Romawi berpusat di benua Eropa, sedangakan Persia ada di Asia.

Baca juga, Memilih Pemimpin itu Bab Fikih atau Aqidah?

Jazirah Arab bagian selatan seperti Yaman dan Hadramaut dikuasai oleh Persia sedangkan bagian utara seperti Syam yang meliputi Libanon dan Palestina dikuasai oleh Romawi.

Pada saat Umar bin Khattab menjadi khalifah, Baitul Maqdis dibebaskan. Maka kemudian wilayah tersebut menjadi bagian dari kekuasaan muslim sampai ratusan tahun kemudian. Lalu ada masa di mana wilayah tersebut kembali dikuasai oleh Romawi saat perang salib. Kemudian datanglah Shalahuddin Al Ayubi yang memimpin pasukan untuk kembali membebaskan Baitul Maqdis. Hingga akhirnya sejak tahun 1948, Baitul Maqdis dikuasai oleh Israel sampai sekarang.

Sejarah akan terus berulang sesuai dengan sabda Nabi tersebut, yaitu akan selalu ada kelompok yang membela kebenaran untuk melindungi tempat suci yang pernah dijadikan destinasi isra miโ€™raj Rasulullah saw. Karena memang wilayah itu sangat istimewa bagi kaum muslimin. Sebagaimana sabda nabi berikut:

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจูู‰ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ – ุฑุถู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ – ุนูŽู†ู ุงู„ู†ู‘ูŽุจูู‰ู‘ู – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… – ู‚ูŽุงู„ูŽ ยซ ู„ุงูŽ ุชูุดูŽุฏู‘ู ุงู„ุฑู‘ูุญูŽุงู„ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุซูŽู„ุงูŽุซูŽุฉู ู…ูŽุณูŽุงุฌูุฏูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุงู„ู’ุญูŽุฑูŽุงู…ู ุŒ ูˆูŽู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุงู„ุฑู‘ูŽุณููˆู„ู – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… – ูˆูŽู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุงู„ุฃูŽู‚ู’ุตูŽู‰ – ุตุญูŠุญ ุงู„ุจุฎุงุฑู‰ – (ุฌ 4 / ุต 491)

Dari Abu Hurairah ra dari Nabi saw bersabda, โ€œ jangalah kalian bepergian kecuali ke tiga masjid yaitu masjidil haram, masjdi nabawi dan masjid al aqshaโ€ (HR. Bukhari)

Hadis terebut bukan berarti larangan untuk berziarah ke masjid selain tiga yang disebut akan tetapi sekedar menunjukkan betapa tiga masjid itu memiliki keistimewaan tersendiri, sehingga untuk berkunjung ke sana perlu perjuangan yang keras. Khusus untuk Masjidil Aqsha tentu lebih sulit lagi karena Israel menguasai tempa suci tersebut.

Baca juga, Tahallul Salat

Allah memotivasi, memperjuangkan, dan melindungi Masjidil Aqsha dengan lima tujuan yang sangat menarik, sebagaimana firman Allah berikut ini.

ุฅูู†ู’ ูŠูŽู…ู’ุณูŽุณู’ูƒูู…ู’ ู‚ูŽุฑู’ุญูŒ ููŽู‚ูŽุฏู’ ู…ูŽุณู‘ูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽูˆู’ู…ูŽ ู‚ูŽุฑู’ุญูŒ ู…ูุซู’ู„ูู‡ู ูˆูŽุชูู„ู’ูƒูŽ ุงู„ู’ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ู†ูุฏูŽุงูˆูู„ูู‡ูŽุง ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ูˆูŽู„ููŠูŽุนู’ู„ูŽู…ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขูŽู…ูŽู†ููˆุง ูˆูŽูŠูŽุชู‘ูŽุฎูุฐูŽ ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ุดูู‡ูŽุฏูŽุงุกูŽ ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุง ูŠูุญูุจู‘ู ุงู„ุธู‘ูŽุงู„ูู…ููŠู†ูŽ (140) ูˆูŽู„ููŠูู…ูŽุญู‘ูุตูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขูŽู…ูŽู†ููˆุง ูˆูŽูŠูŽู…ู’ุญูŽู‚ูŽ ุงู„ู’ูƒูŽุงููุฑููŠู†ูŽ (141) [ุขู„ ุนู…ุฑุงู†/141]

Jika kamu (pada Perang Uhud) mendapat luka, maka mereka pun (pada Perang Badar) mendapat luka yang serupa. Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu, Kami pergilirkan di antara manusia (agar mereka mendapat pelajaran), dan agar Allah membedakan orang-orang yang beriman (dengan orang-orang kafir) dan agar sebagian kamu dijadikan-Nya (gugur sebagai) syuhada. Dan Allah tidak menyukai orang-orang zalim, dan agar Allah membersihkan orang-orang yang beriman (dari dosa mereka) dan membinasakan orang-orang kafir.

Ayat tersebut asbabun nuzulnya memang terkait dengan Perang Uhud, di mana pasukan Rasulullah saat itu mengalami kekalahan. Akan tetapi menurut kaidah tafsir, Al Ibratu biumumi lafdzi la bikhusushi syabab (pelajaran itu diambil dari umumnya lafal bukan pada sebab turunnya ayat).

Dengan berpedoman kepada ayat ini, maka para pembela Masjidil Aqsha dijanjikan lima hal oleh Allah Swt. yaitu

  1. Dipergilirkan kemenangan jika saatnya tiba
  2. Allah ingin membedakan siapa yang mukmin dan yang kafir
  3. Allah ingin menjadikan para pejuang sebagai syahid
  4. Allah ingin mensucikan pafa pejuang dan
  5. Allah ingin membinasakan orang-orang kafir

Akhirnya, kita yang berada jauh dari Masjidil Aqsha paling tidak turut berdoโ€™a semoga Allah melindungi tempat suci tersebut sehingga kaum muslimin dimudahkan untuk melakukan ziarah ke tempat suci ketiga umat Islam itu.

*Dewan Pengawas Syariah Lazismu Sragen

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE