AUM

Asah Empati Siswa, SD Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Kampung Ramadan

PWMJATENG.COM, Surakarta – Sejumlah 82 murid kelas V SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan Kampung Ramadan Ceria di Desa Canden, Kecamatan Sambi, Boyolali, Selasa-Kamis (11-13/4/2023).

Kegiatan Kampung Ramadan Ceria ini mengambil tema “Menghidupkan Ramadan dengan Al Qur’an Menuju Kehidupan Berkemajuan”.

Hari pertama kegiatan diawali dengan penyerahan murid kepada orang tua asuh. Hari kedua, murid belajar mengenal lingkungan masyarakat dan pembiasaan positif di Pondok Pesantren Manafi’ul ‘Ulum. Hari ketiga, diadakan bazar Ramadan, cek kesehatan gratis, bakti sosial, dan penyerahan zakat fitri, dan penutupan.

Slamet Rismiyadi, selaku koordinator kegiatan menyampaikan, kegiatan ini bertujuan melatih keterampilan sosial dan menumbuhkan jiwa empati murid terhadap kondisi masyarakat.

“Anak-anak ditempatkan di rumah-rumah warga Desa Canden yang bertindak sebagai orang tua asuh selama kegiatan berlangsung. Selama tiga hari anak-anak merasakan secara langsung hidup bersama masyarakat dan mengikuti aktivitas keseharian orang tua asuh,” ujar Slamet.

Baca juga, Berbeda Awal Syawal, Ketua PWM Jateng : Tidak Ada Niat Muhammadiyah Berbeda dengan Pemerintah

Hal senada juga disampaikan Jianto, selaku Kepala Desa Canden. Saat menutup kegiatan, ia menyampaikan bahwa keterampilan hidup harus dilatih sejak dini sebagai bekal hidup di masa depan.

“Kalian adalah penerus bangsa, maka keterampilan hidup perlu dilatih sejak dini. Dengan kegiatan ini semoga dapat memberikan bekal menjaga karakter berbudi luhur dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Kontributor : Nikmah Hidayati

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE