Wow! SD Muh 1 Raih Juara Terbaik 1 Kuis Siap- Siap Aku Bisa (SSAB)

PWMJATENG.COM, Solo – Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis TIK dan Budaya SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta berhasil menggondol Kuis Anak Indonesia Cerdas Berkarakter Siap-siap Aku Bisa (SSAB) episode ke 22 tahun 2018.

Penyerahan hadiah lomba dilakukan siang tadi, Kamis (16/08/2018) di Taman Balekambang Jalan Balekambang No.1, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139. Taman Balekambang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII untuk kedua putrinya, yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah. SD Muh 1 berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 3 juta, trophy, dan sertifikat.

“Hari ini SD Muh 1 Ketelan Surakarta mengukir prestasi dengan menjadi juara 1 Kuis Saya Siap Saya Bisa yang diselenggarakan oleh Kemdikbud RI dalam rangka Pendidikan Karakter. Sebagai sekolah Rintisan PPK Nasional Kuis menjadi tantangan tersendiri. Tetapi al Hamdulillah, anak-anak bisa melewati dengan baik dan menjadi juara,” ujar Kepala Sekolah, Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd.

Dalam kuis SSAB sesi pertama, juara 1 diraih oleh SD Muhammadiyah 1 Ketelan dengan Skor 800, juara 2 oleh SD al Islam II Skor 430, juara 3 oleh SDN Petoran skor 270, juara 4 SDN Kratonan Skor 250 dan Juara 5 oleh SDN Cemara II skor 240. Sebanyak 60 Siswa SDM 1 Ketelan didampingi Waka Kesiswaan Imam Priyanto, S.Pd., Waka Sarpras Sahudi, S.Pd., Waka Humas Jatmiko, M. Eksanto, S.Pd Pembimbing dan Sriyanto.

BACA JUGA  Unimus Bersama Disdik Kota Semarang, Kembangkan Program PDS

Kepala Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd berharap semoga bermunculan generasi anak bangsa yang semakin berkualitas, sehat dan mampu bersaing di era globalisasi.

“Semoga sebagai sekolah Rintisan PPK Nasional SD Muhammadiyah 1 Ketelan dengan menjadi juara pada kesempatan ini semakin semangat melahirkan generasi-generasi baru anak bangsa yang memiliki 5 karakter utama yaitu Nasionalisme, Religius, Integritas, Gotong Royong dan mandiri, Harapnya.

Sebagai host kuis sesi I adalah Putri Indonesia Pariwisata 2017, Karina Nadila. Dihadiri oleh Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kemendikbud RI, Dr. Khamim, M.Pd.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Solo, Wahyono mengucapkan kuis SSAB sangat bagus, sangat bermanfaat bagi anak-anak kita. Akan lebih baik lagi yang mendengarkan tidak cukup anak–anak kita tapi saya sudah bangga karena anak-anak spontannitas mampu menterjemahkan apa yang dimaksud kaitannya dengan beberapa nilai pendidikan karakter yang diwakili dari 5 tim ada SDN Cemara II, SDN Kratonan, SD Muhammadiyah 1 Ketelan, SDN Petoran, SD al Islam II Jamsaren.

BACA JUGA  Gandeng MPI, SD Aisyiyah Slawi Terapkan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Jurnalistik Dasar

“Saya sampaikan selamat khusus di SD Muhammadiyah 1 Ketelan yang saat ini berkempatan bisa juara I sehingga memberikan satu motivasi dorongan pada anak-anak yang lain untuk bisa berlatih, bisa belajar lebih keras lagi, tentunya pendidikan karakter tidak hanya diketahui tetapi yang paling penting untuk diamalkan di sekolah, masyarakat dan dirumah masing-masing,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Dr. Khamim, M.Pd mengatakan bahwa kuis SSAB ini bertujuan untuk menanamkan pendidikan karakter bagi anak Indonesia, membentuk generasi cerdas berkarakter yang mempunyai daya saing yang membanggakan dan hebat serta Pendidikan Karakter adalah Filter dari pengaruh-pengaruh negatif. Tri Pusat Pendidikan melalui sekolah, masyarakat dan orang tua, bersinergi cerdas dalam mewujudkan Pendidikan Karakter. Saat ini adalah musimnya sedang menyemai, kemudian ditanam, dirawat penuh semangat, penuh harapan akan keberlangsungannya. Mengajar berkualitas dengan olah rasa, spiritual yang hebat, olah hati, olah fikir, kita berharap anak-anak Indonesia memiliki tubuh yang sehat.

BACA JUGA  Muktamar Pemuda Muhammadiyah, Tafsir: Semoga Terpilih Kader Terbaik Dengan Kualitas Moral

“Ada salah satu pesan sahabat nabi Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian, di antara kalian peserta semua yang hadir di sini boleh jadi bisa menjadi Presiden, Menteri, Bupati, Walikota untuk melanjutkan perjuangan” katanya. (Jatmiko)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts