Berita

Universitas Muhammadiyah Surakarta Buka Prodi Pendidikan TIK

Surakarta – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membuka program studi (prodi) baru, yakni Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
Dekan FKIP, Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, mengemukakan pembukaan prodi tersebut melihat masih besarnya peluang untuk menjadi guru TIK di sekolah menengah kejuruan (SMK). ”Kebutuhan guru TIK untuk SMK saja masih sangat kurang karena di Jawa Tengah saja, terdapat 11.727 SMK negeri dan swasta. Sementara untuk sarjana pendidikan TIK jumlahnya masih sangat sedikit karena baru beberapa perguruan tinggi yang membuka prodi ini, sedangkan yang memuluskan baru Universitas Negeri Yogyakarta (UNY),” kata Harun.
Dengan kondisi tersebut FKIP UMS merasa terpanggil untuk berperan serta dalam menyiapkan sumber daya manusia lulusan pendidikan Teknik Informatika yang memiliki kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik.
Sementara itu, disinggung mengenai adanya penghapusan mata pelajaran (mapel) TIK untuk SD, SMP, dan SMK, Ketua prodi TIK FKIP UMS, Drs. Sudjarwo, M.Kom, menyatakan tetap optimistis peminat prodi tersebut masih tinggi.
Guru besar TIK FKIP UMS yang merintis prodi tersebut, Prof. Dr. Budi Murtiasa, menyayangkan langkah pemerintah yang menghilangkan Mata Pelajaran TIK. Menurutnya, secara rasional TIK seharusnya tidak dihilangkan dari kurikulum karena menjadi hal yang wajib dipelajari siswa. ”Bagi guru, TIK itu alat tapi bagi siswa, TIK sesuatu yang harus dipelajari. Sesuatu yang harus dipelajari seharusnya masuk ke dalam kurikulum dan bukannya malah dihilangkan,” tegas Budi Murtiasa.
Budi menambahkan bahwa mulai April mendatang Mendikbud meluncurkan pembelajaran secara online. Hal tersebut membawa konsekuensi baik untuk siswa ataupun guru yang harus paham dengan TIK. Hal tersebut juga menimbulkan dampak jika kebutuhan tenaga pengajar TIK menjadi sangat besar.
Sementara itu, Sudjarwo menambahkan untuk menghasilkan pendidik bidang TIK yang profesional, inovatif, dan berkompeten, kurikulum Prodi TIK FKIP UMS didesain secara komprehensif. Kurikulum juga diperkuat dengan mata kuliah bidang teknologi informasi dan penelitian pendidikan. (Fakhrudin/suaramerdeka)

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.