AUMBerita

Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jadi Trensetter, Universitas Lain Berbondong-bondong Studi Banding

PWMJATENG.COM, Banyumas – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) semakin kokoh sebagai universitas percontohan yang unggul, terbukti dengan kunjungan studi banding dari Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) pada hari Senin kemarin (12/2), di Ruang Sidang Kantor Pusat UMP.

Kunjungan ini menjadi langkah UMPP dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas perguruan tinggi mereka. UMP terpilih sebagai studi banding karena telah mengukir jejak prestasi yang terakreditasi unggul.

Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi, dan Publikasi, Assoc Prof Akhmad Dharmawan PhD menjelaskan kegiatan ini merupakan ikhtiar bersama untuk memajukan amal usaha Muhammadiyah dalam bidang pendidikan.

“Kunjungan ini adalah bagian dari upaya kita untuk bersama-sama memajukan Amal Usaha Muhammadiyah, terutama dalam lingkup Perguruan Tinggi Muhammadiyah,” ujar Dharmawan.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa UMP menerapkan standar tinggi untuk menjaga mutu perguruan tinggi, dengan berbagai aktivitas perbaikan dan penyesuaian pejabat struktural di lingkungan universitas.

Baca juga, Jelang Hari Pencoblosan, Ketua PWM Jateng Berikan Nasihat untuk Segenap Masyarakat

“UMP sedang melakukan beberapa aktivitas perbaikan, semua pejabat struktural diberi tanggungjawab dengan mewajibkan semua dosen untuk melakukan penelitian, pengabdian masyarakat, dan publikasi jurnal yang terakreditasi Scopus minimal satu tahun sekali. Hal ini semata-mata untuk menjaga kualitas dari tenaga pendidik UMP,” jelas Dharmawan.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 UMPP, Dr Mohammad Arifin SKp MKep menyatakan bahwa kunjungan studi banding ini bertujuan untuk belajar dari UMP mengenai berbagai kompetensi yang perlu dikembangkan di perguruan tinggi.

“UMPP beralih menjadi universitas di tahun ke-5, tentu kita memerlukan adaptasi dan penyesuaian untuk mengaktualisasikan tri dharma perguruan tinggi. Harapannya pada siang hari ini kami dapat belajar dan segera menindaklanjuti hasil pembelajaran, setidaknya pada 3 bidang, yaitu Akademik dan pengembangan, kemahasiswaan untuk meningkatkan prestasi dan kegiatan kemahasiswaan, serta kehumasan untuk membranding UMPP ke depannya. Terima kasih UMP atas keramahan dan kesediaannya berbagi ilmu,” pungkasnya.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE