BeritaKolom

Ulasan Buku: Islam & Lingkungan Karya Prof. Dr. M. Quraish Shihab

Oleh : Alvin Qodri Lazuardy, M.Pd.*

PWMJATENG.COM – Prof. Dr. M. Quraish Shihab, seorang cendekiawan Muslim terkemuka, kembali menghadirkan sebuah karya yang menghubungkan ajaran Islam dengan isu-isu kontemporer dalam bukunya yang berjudul Islam & Lingkungan. Dalam buku ini, Shihab mengajak pembaca untuk melihat masalah lingkungan melalui lensa Al-Quran dan sunnah, menawarkan perspektif yang jarang dijelajahi dalam diskusi lingkungan.

Pendekatan Al-Quran dan Hadis

Shihab dengan teliti menguraikan prinsip-prinsip Islam yang berhubungan dengan lingkungan, menyoroti bahwa manusia memiliki tanggung jawab besar sebagai khalifah di bumi. Dalam pandangan Islam, manusia tidak hanya berperan sebagai penguasa tetapi lebih sebagai penjaga dan pelindung alam. Shihab menekankan konsep kekhalifahan yang menuntut persahabatan dan keharmonisan dengan alam, menghindari eksploitasi berlebihan yang merusak ekosistem.

Harmoni dan Keseimbangan

Salah satu poin utama dalam buku ini adalah pentingnya menjaga keseimbangan dan keserasian dalam hubungan manusia dengan alam. Shihab menjelaskan bahwa Al-Quran mengajarkan keseimbangan dalam semua aspek kehidupan, termasuk interaksi dengan lingkungan. Ia mengutip berbagai ayat yang menekankan pentingnya keadilan dan keseimbangan, serta bagaimana kerusakan yang kita sebabkan pada alam adalah bentuk ketidakadilan yang akan kembali merugikan kita sendiri.

Baca juga, Mengenal Karakter Umum Pengikut Salafi

Tuntunan Hidup dan Ekosistem

Melalui analisis yang mendalam, Shihab menyoroti bagaimana Islam menawarkan pedoman praktis untuk menciptakan ekosistem yang seimbang. Ia menunjukkan bahwa ajaran Islam tidak hanya bersifat teoritis tetapi juga praktis, memberikan solusi konkret untuk masalah lingkungan yang kita hadapi saat ini. Shihab menggambarkan bagaimana prinsip-prinsip ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga kelestarian alam, mulai dari perilaku individu hingga kebijakan publik.

Relevansi dengan Isu Kontemporer

Keberhasilan Shihab dalam mengaitkan ajaran agama dengan isu-isu lingkungan modern adalah salah satu kekuatan utama buku ini. Ia menunjukkan bahwa Islam memiliki jawaban atas tantangan lingkungan yang kita hadapi, dan bahwa solusi ini bukan hanya relevan bagi umat Muslim tetapi juga bagi masyarakat global secara keseluruhan. Buku ini menjadi seruan bagi kita semua untuk lebih memperhatikan lingkungan dan bertindak berdasarkan prinsip-prinsip moral dan etika yang diajarkan oleh agama.

Penutup, Islam & Lingkungan adalah karya penting yang menawarkan perspektif dalam ranah teologis dalam diskusi tentang lingkungan. Melalui analisis yang mendalam dan penggunaan sumber-sumber agama yang kaya, Prof. Dr. M. Quraish Shihab memberikan kontribusi berharga untuk upaya pelestarian lingkungan. Buku ini tidak hanya memperkaya pemahaman kita tentang hubungan antara Islam dan lingkungan, tetapi juga menginspirasi tindakan nyata dalam menjaga keseimbangan dan keharmonisan alam. Sebagai sebuah karya akademis dan praktis, buku ini layak dibaca oleh siapa saja yang peduli terhadap masa depan bumi kita.

*) Ka. SMP AT TIN UMP, Praktisi Pendidikan

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE