AUMBerita

SD Muhammadiyah PK Kottabarat Perkuat Profil Lulusan Melalui Baitul Arqam

PWMJATENG.COM, Surakarta – Sebanyak 81 murid kelas VI SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo terlibat dalam kegiatan Baitul Arqam yang digelar di aula sekolah, Jl. Dr. Moewardi No. 24 Purwosari, Laweyan, Solo, Kamis-Jumat, (25-26/1/2024).

Agus Supardi, koordinator kegiatan, menjelaskan bahwa tujuan Baitul Arqam kelas VI adalah untuk memperkuat profil lulusan SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo. Profil tersebut mencakup kepemimpinan, Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan ketekunan.

Kegiatan dimulai dengan kompetisi antarkelompok PA (pembimbing akademik) yang menantang. Melalui lomba ini, diharapkan karakter kepemimpinan semakin kuat dengan menggali kolaborasi, komunikasi, dan kerja sama tim.

Pada sesi kedua, peserta terlibat dalam praktik pemulasaraan jenazah sesuai dengan tuntunan Majelis Tarjih Muhammadiyah, dibimbing oleh tim rohani RS PKU Muhammadiyah Solo. Suleman, ketua tim, membagikan pengalaman merawat jenazah, mencakup berbagai situasi dari jenazah anak-anak hingga pasien covid.

Baca juga, Jadi Unggulan Nasional, Masjid At Taqwa Muhammadiyah Jateng Akan Dilaunching Besok!

Sesi ketiga merupakan diskusi bersama alumni SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo angkatan pertama, Micco Harwanto dan Muhammad Taufan Akbar. Micco, yang meraih prestasi di Matematika dan kini menjadi entrepreneur, serta Taufan, yang menjadi dokter di Kota Solo, berbagi kunci sukses dan pengalaman hidup.

Micco menekankan pentingnya ketekunan dalam meraih cita-cita, sambil membagikan perjalanan prestasinya dalam Lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN). Taufan menambahkan bahwa perbaikan dalam ibadah dan hubungan dengan orang tua adalah kunci sukses, menceritakan perjalanannya dari pondok pesantren hingga menjadi dokter.

Irvin Akhtar, salah satu murid kelas VI, mengungkapkan kegembiraannya dengan kegiatan Baitul Arqam, terutama sesi diskusi dengan alumni. Irvin tertarik dengan pengalaman Micco dalam dunia informatika dan menjadi seorang entrepreneur. “Aku sangat suka koding dan berharap ke depan dapat membuat game sendiri,” ujarnya.

Kontributor : Nikmah Hidayati
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE