AUMBerita

Optimalisasi Kemampuan Siswa Menuju Prestasi Terbaik, SMP UMP Gandeng Sekolah Dasar Menjadi Mitra

PWMJATENG.COM, Semarang – SMP UMP (Sekolah Menengah Pertama Universitas Muhammadiyah Purwokerto) menggelar forum edukasi yang menghadirkan 36 sekolah mitra dan 7 sekolah non-mitra di Aula A.K Anshori UMP, Kamis (22/1). Acara ini bertujuan memberikan motivasi kepada kepala sekolah dari berbagai jenjang, termasuk SD Muhammadiyah, SD Negeri, MTS, dan MI Muhammadiyah kabupaten Banyumas.

Kepala Sekolah SMP UMP, Bayu Dwi Cahyono M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar acara ini dapat menjadi kolaborasi dan komunitas dalam memajukan dunia pendidikan. Ia mengungkapkan, “Forum Edukasi SMP UMP ini diharapkan menjadi kolaborasi komunitas kita dalam berjuang di dunia pendidikan dan membawa kita ke khasanah dunia serta akhirat.”

Salah satu pemateri, Dr. Eko Suroso M.Pd, menekankan pentingnya kepemimpinan yang dapat mengarahkan anggota ke hal-hal positif. Ia memberikan nasihat, “Jangan menjadi pemimpin yang baik hanya untuk diri sendiri, ajaklah anggota untuk melakukan kegiatan positif bersama.”

Baca juga, Taqwa dan Berpikir Positif: Resep Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

Dalam konteks pengajaran, Drs. Muhammad Djohar AS. M. Pd menyoroti perbedaan tingkat kecerdasan siswa. Ia menjelaskan, “Intelegensi anak berbeda-beda, tidak dapat dipaksakan untuk menjadi sama. Oleh karena itu, para guru harus memahami dan menyediakan wadah untuk merespons perbedaan tersebut.”

Pendekatan pada forum ini adalah penyampaian materi Teori Kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara dan Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Siswa. Pendekatan ini membuka wawasan kepemimpinan dalam dunia pendidikan, sekaligus memberikan inspirasi bagi peserta untuk lebih berperan aktif dalam mencapai prestasi yang optimal.

Dalam upaya menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik, forum edukasi SMP UMP menjadi wahana bagi para pendidik dan kepala sekolah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Semangat kolaboratif dalam meningkatkan kualitas pendidikan menjadi landasan untuk menghadirkan perubahan positif dalam dunia pendidikan lokal.

Kontributor : Sab’ati Mela Matsania
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE