AUM

Mengenal Gempita Smadiwa Klub Sepak Takraw Muhammadiyah Asal Wonosobo

PWMJATENG.COM, Wonosobo – Selama ini yang dikenal masyarakat olahraga yang ada di persyarikatan Muhammadiyah adalah pencak silat dengan tapak sucinya dan sepakbola dengan PS HW (Persatuan Sepakbola Hizbul Wathan).

Namun ada yang beda dari pimpinan daerah Muhammadiyah lain di Jawa tengah. Adalah Wonosobo tepatnya di SMA Muhammadiyah Wonosobo mempunyai terobosan baru syiar dengan olahraga Sepaktakraw.

“Awal mula Gempita berdiri berawal dari ekstrakulikuler Sepak Takraw di SMA Muhammadiyah Wonosobo. Kami latihan ketika ada akan ada POPDA saja. Namun semangat anak-anak sehingga mereka pengen sepaktakraw itu tidak hanya waktu POPDA saja”, terang guru SMA Muhammadiyah Wonosobo Adi Alfian. Selasa 30/8/2022 M, 3 Safar 1444 H.

Selanjutnya Adi Alfian dan siswa SMA Muhammadiyah Wonosobo merapat ingin membentuk satu klub/persatuan.

Baca juga, Malam Mangayubagyo Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke 48 Akan Bertabur Bintang

“Mereka menyerahkan nama klub kepada saya saya berikan nama GEMPITA generasi muda pecinta sepak takraw. Nama ini saya ambil dari pelatih saya yaitu Pak Nur Rohmaji, S.Pd. Kemudian logo saya serahkan kepada anak-anak dan jadilah logo yang sekarang Arti lambang Gempita

  1. Bentuk Bulat : Kekompakan
  2. Mutiara : bermental kaya suka menolong memberi sesama dll
  3. 12 sinar Matahari : klub ini dibawah naungan Muhammadiyah
  4. Petir : semangat yang kuat seperti petir cepat dan tepat”, imbuh pria yang juga Provost kokam Wonosobo.

Gempita berdiri tahun 2018 beralamat di SMA Muhammadiyah Wonosobo Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 10 Jaraksari Wonosobo. Diakui oleh KONI Kabupaten Wonosobo Tahun 2021 dengan nomer rekomendasi 06900103021/KONI-WSB, serta SK pengkab PSTI 026/PSTI-WSB/IX/2021.

smadiwa

“Untuk ketersediaan atlit sendiri mengandalkan pembinaan usia dini. Kami membina dari MI Muhammadiyah Kalibeber kemudian melanjutkan ke SMP Muhammadiyah 1 Wonosobo dan dilanjutkan di SMA Muhammadiyah Wonosobo Kami bekerjasama dengan 5 sekolah tersebut agar memudahkan untuk melakukan pembinaan dan kebetulan jarak ketiga sekolah juga tidak terlalu jauh,” ucap Alfian.

“Apalagi 5 sekolah tersebut semuanya memiliki fasilitas gedung olahraga yang memudahkan kami untuk latihan dimana saja. Tidak hanya itu kami sumber atlit kami dari SMP Muhammadiyah Tieng yang kebetulan saya juga mengajar PJOK di situ,” terang pria yang juga sekum Pengkab PSTI Wonosobo.

Rencana Alfian kedepan akan mendirikan sekolah sepak takraw Karena gempita satu-satunya klub yang bermarkas di Wonosobo kota sehingga untuk menarik minat masyarakat sangat terbuka lebar.

“Serta masih dalam rencana kami akan merapat ke PDPM Wonosobo supaya klub Kami minimal diakui terlebih dahulu oleh Bidang Olahraga PDPM Wonosobo, Gempita juga insyaallah akan bekerjasama dengan STIKESMU Wonosobo agar anak-anak pembinaanya berkelanjutan,” terang Adi Alfian.

Untuk prestasi cukup bagus di kancah persepaktakrawan Wonosobo. Pasalnya Gempita Smadiwa saat ini menduduki peringkat kedua pada liga Sepaktakraw Wonosobo 2022.

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE