Ketua MPI PW Muhammadiyah Jateng Rais Gelar Doktor

0
670
Teguh Hadi Prayitno (berdasi merah)

PWMJATENG.COM, SEMARANG – Muhammadiyah Jawa Tengah patut berbangga. Sebab, Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jateng, Teguh Hadi Prayitno, Senin (20/8)

Berhasil menyandang gelar Doktor, setelah dinyatakan lulus dalam ujian promosi doktor, pada program Doktor Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Ujian terbuka promosi doktor tersebut digelar di Gedung Pascasarjana Undip Jl. Imam Barjo Semarang.

Di hadapan para penguji, Teguh yang juga wakil ketua ISEI Semarang itu, mempertahankan disertasi dengan judul “Pengaruh Kapabilitas Korelasional Dinamis Pada Kinerja Bisnis (Studi pada UMKM Batik di Jawa Tengah)”.

Teguh memaparkan, kapabilitas kotelasional dinamis merupakan merupakan kebaharuan atau novelty yang merupakan temuannya yang ditulis dalam disertasi tersebut.

“Jadi kapabilitas korelasional dinamis itu merupakan kebaharuan dalam disertasi ini, yaitu merupakan hubungan yang saling menguatkan jaringan dan saling ketergantungan dan siap menghadapi perubahan yang ada, jadi tidak hanya hubungan relasional saja setelah itu putus, tetapi merupakan korelasional yang saling membutuhkan” kata Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jawa Tengah ini.

“Disertasi ini, untuk diterapkan antarsesama pelaku UMKM batik, pelaku UMKM dengan pelanggan dan dengan stakeholder termasuk dengan pemerintah, di mana pemerintah juga punya tujuan untuk meningkatkan pendapatan daerah,” tandas ketua MPI PWM Jateng tersebut.

Setelah “dihajar” dengan berbagai pertanyaan oleh tim penguji, Teguh dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan. Adapun jumlah IPK yang berhasil diraih selama masa studi adalah 3,43.

Nampak dalam acara tersebut hadir Ketua PW. Muhammadiyah Jateng Drs H Tafsir MAg, Ketua MPI PP Muhammadiyah, Dr Muchlas, Rektor Unimus, Rektor Untag, Rektor Unisbank, para Guru Besar dari berbagai perguruan tinggi, pimpinan DPRD Jateng dan politisi dari berbagai parpol, serta para tokoh Jawa Tengah.

Promosi doktor tersebut dipromotori oleh Prof. Dr. Sugeng Wahyudi, MM dan Co Promotor Prof. Drm Naili Farida, M.Si selaku co promotor l dan Dr. Ngatno, MM. Selaku co promotor ll

Promotor Profesor Dr. Sugeng Wahyudi menilai bahwa disertasi ini sangat berkualitas dan bermanfaat bila diterapkan pada UMKM batik.

“Kebaharuan kapabilitas korelasional dinamis ini diharapkan bukan selesai pada disertasi saja, tetapu bisa diimplementasikan pada UMKM batik. Karena akan memberi manfaat untuk meningkatkan kinerja bisnis.” (TR)