BeritaKolom

Asyiknya Menjadi Umat Nabi Muhammad Saw.

Asyiknya Menjadi Umat Nabi Muhammad Saw.

Oleh : Muh. Nursalim*

PWMJATENG.COM – Setiap nabi punya umat dengan karakter yang berbeda. Lalu mereka pun menyikapi umatnya juga tidak sama, terutama terkait dengan adanya umat yang durhaka dan tidak mau mengikuti nasehat yang disampaikan.

Nabi Nuh sangat geram dengan umatnya yang durhaka. Maka ia meminta kepada Allah agar menghancurkan para pendurhaka tersebut. Sebagaimana doa beliau dalam Surat Nuh: 28 berikut ini.

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا (28)

Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, dan siapa pun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kehancuran.”

Maka kita tahu dalam sejarah, umat Nabi Nuh semuanya musnah kecuali yang ikut naik kapal. Bahkan anaknya sendiri pun ikut dibinasakan Allah akibat tidak taat kepada bapaknya.

Adapun Nabi Ibrahim menyikapi umatnya yang durhaka seperti ini di hadapan Allah. Diabadikan pada Surat Ibrahim:36

رَبِّ إِنَّهُنَّ أَضْلَلْنَ كَثِيرًا مِنَ النَّاسِ فَمَنْ تَبِعَنِي فَإِنَّهُ مِنِّي وَمَنْ عَصَانِي فَإِنَّكَ غَفُورٌ رَحِيمٌ (36)

Ya Tuhan, berhala-berhala itu telah menyesatkan banyak dari manusia. Barang siapa mengikutiku, maka orang itu termasuk golonganku, dan barang-siapa mendurhakaiku, maka Engkau Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Ibrahim tidak minta dihancurkan juga tidak memohon kepada Allah para penentangnya diampuni. Tetapi dengan diplomasi yang unik. “Bahwa Engkau Maha pengampun”.

Lain lagi dengan Nabi Isa. Ia menyerahkan sepenuhnya nasib kaumnya yang durhaka kepada Allah. Dengan ucapan berikut ini yang diabadikan dalam Surat Al Maidah: 118.

إِنْ تُعَذِّبْهُمْ فَإِنَّهُمْ عِبَادُكَ وَإِنْ تَغْفِرْ لَهُمْ فَإِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ (118)

Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.”

Baca juga, Pembela Baitul Maqdis

Nabi Isa hampir seperti pasrah bongkokan. Terserahlah Engkau ya Allah. Mau diazab atau diampuni itu tergantung kebijakan yang Engkau ambil.

Yang asyik itu cara Rasulullah menyikapi umatnya yang durhaka. Berikut ini sebuah hadis yang diriwayatkan imam muslim.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- تَلاَ قَوْلَ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ فِى إِبْرَاهِيمَ ( رَبِّ إِنَّهُنَّ أَضْلَلْنَ كَثِيرًا مِنَ النَّاسِ فَمَنْ تَبِعَنِى فَإِنَّهُ مِنِّى) الآيَةَ.
وَقَالَ عِيسَى عَلَيْهِ السَّلاَمُ ( إِنْ تُعَذِّبْهُمْ فَإِنَّهُمْ عِبَادُكَ وَإِنْ تَغْفِرْ لَهُمْ فَإِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ) فَرَفَعَ يَدَيْهِ وَقَالَ « اللَّهُمَّ أُمَّتِى أُمَّتِى ». وَبَكَى فَقَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا جِبْرِيلُ اذْهَبْ إِلَى مُحَمَّدٍ وَرَبُّكَ أَعْلَمُ فَسَلْهُ مَا يُبْكِيكَ فَأَتَاهُ جِبْرِيلُ – عَلَيْهِ الصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ – فَسَأَلَهُ فَأَخْبَرَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بِمَا قَالَ. وَهُوَ أَعْلَمُ. فَقَالَ اللَّهُ يَا جِبْرِيلُ اذْهَبْ إِلَى مُحَمَّدٍ فَقُلْ إِنَّا سَنُرْضِيكَ فِى أُمَّتِكَ وَلاَ نَسُوءُكَ. – صحيح مسلم – (ج 2 / ص 120)

Dari Abdullah bin Amr bin al-‘Ash, bahwa Nabi Saw. membaca firman Allah Ta’ala dalam kisah Nabi Ibrahim, ” Ya Tuhan, berhala-berhala itu telah menyesatkan banyak dari manusia. Barangsiapa mengikutiku, maka orang itu termasuk golonganku, dan barang-siapa mendurhakaiku, maka Engkau Maha Pengampun, Maha Penyayang. (Surat Ibrahim, ayat 36).

Dan Isa as- berkata, “Jika Engkau mengazab mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba Engkau. Dan jika Engkau mengampuni mereka, maka sesungguhnya Engkau adalah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” Lalu Rasulullah Saw. mengangkat kedua tangannya dan berkata, “Ya Allah, umatku, umatku!” Dan dia menangis. Allah -‘Azza wa Jalla- berfirman, “Wahai Jibril, pergilah ke Muhammad, dan Tuhanmu lebih mengetahui. Tanyakanlah kepadanya apa yang membuatnya menangis.” Lalu Jibril as menemui Rasulullah Saw. dan bertanya kepadanya. Rasulullah Saw. menceritakan apa sebab dirinya menangis, padahal Allah lebih mengetahui. Allah berfirman, “Wahai Jibril, pergilah ke Muhammad dan katakan padanya bahwa sesungguhnya Kami akan membuatmu senang terhadap umatmu, dan Kami tidak akan mengecewakanmu.” (HR. Muslim)

Rasulullah Saw. tidak minta umatnya yang durhaka diazab, juga tidak minta diampuni. Tetapi beliau hanya menangis. Karena beliau itu nabi pungkasan, tidak mengetahui perjalanan akhir setiap umatnya. Mungkin saja umatnya di awal hidupnya durhaka tetapi diujungnya menjadi baik. Atau bahkan mungkin ada umatnya yang suka maksiat sampai akhir hayatnya juga suka maksiat, tetapi ia tetap beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.

Diplomasi menangis ini ternyata menjadikan Allah turun tangan dengan kalimat yang menjanjikan, yaitu bahwa Allah akan membuat senang umat Rasulullah dan tidak akan mengecewakan utusannya.

Imam Nawawi dalam syarahnya memberi penjelasan berikut.

هَذَا الْحَدِيث مُشْتَمِل عَلَى أَنْوَاع مِنْ الْفَوَائِد مِنْهَا : بَيَان كَمَال شَفَقَة النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى أُمَّته وَاعْتِنَائِهِ بِمَصَالِحِهِمْ ، وَاهْتِمَامه بِأَمْرِهِمْ ، وَمِنْهَا : اِسْتِحْبَاب رَفْع الْيَدَيْنِ فِي الدُّعَاء ، وَمِنْهَا : الْبِشَارَة الْعَظِيمَة لِهَذِهِ الْأُمَّة – زَادَهَا اللَّه تَعَالَى شَرَفًا – بِمَا وَعَدَهَا اللَّه تَعَالَى بِقَوْلِهِ : سَنُرْضِيك فِي أُمَّتك وَلَا نَسُوءك وَهَذَا مِنْ أَرْجَى الْأَحَادِيث لِهَذِهِ الْأُمَّة أَوْ أَرْجَاهَا ، وَمِنْهَا : بَيَان عِظَم مَنْزِلَة النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِنْد اللَّه تَعَالَى وَعَظِيم لُطْفه سُبْحَانه بِهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، وَالْحِكْمَة فِي إِرْسَال جِبْرِيل لِسُؤَالِهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِظْهَار شَرَف النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، وَأَنَّهُ بِالْمَحِلِّ الْأَعْلَى فَيُسْتَرْضَى وَيُكْرَم بِمَا يُرْضِيه وَاَللَّه أَعْلَم – شرح النووي على مسلم – (ج 1 / ص 348)

Ini adalah hadis yang mengandung beberapa pengertian

  1. Menjelaskan sejauh mana kasih sayang Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada umatnya dan perhatiannya terhadap kepentingan mereka.
  2. Disunahkan untuk mengangkat kedua tangan dalam doa.
  3. Kabar gembira yang besar bagi umat ini dengan firman-Nya “Kami akan memberikan keridaan kepada umatmu dan tidak akan membuatmu kecewa.”
  4. Ini adalah salah satu hadis yang paling diharapkan bagi umat
  5. Menjelaskan betapa mulia kedudukan Nabi Muhammad Saw. di sisi Allah Ta’ala dan betapa besar rahmat-Nya kepadanya. Dan hikmah di balik pengiriman Jibril untuk bertanya kepada Nabi Saw. adalah untuk mengekspresikan kemuliaan Nabi saw. bahwa dia berada di tempat yang paling tinggi dengan penuh kemuliaan dan diridai Allah. Betapa asyiknya menjadi umat Rasulullah saw. Walaupun tidak diucapkan, tentu beliau tidak ingin umatnya sengsara dan disiksa di neraka. Karena sikap beliau adalah raufur rahim (menyantun dan penyayang) kepada orang yang beriman. Semoga harapan Rasulullah Saw. terhadap umatnya ini dapat kita raih di dunia dan di akhirat kelak.

*Dewan Pengawas Syariah Lazismu Sragen

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE