Uniniversitas Muhammadiyah Semarang Gelar Deklarasi Remaja Tanpa Rokok

0
273

SEMARANG – Menyambut Hari Tanpa Tembakau se-dunia (HTTS) tahun 2013 pada tanggal 31 Mei, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang (FKM UNIMUS) bekerjasama dengan Divisi Keilmuan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKM UNIMUS, yakni Tobacco Control Aku Sehat Tanpa Rokok (TC Asetaro), menggelar Deklarasi Pelajar mendukung Peraturan Daerah Kawasan tanpa Rokok (Perda KTR) No. 3 tahun 2013.
Panitia Kegiatan, Dini, mengatakan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mengkampanyekan pentingnya hidup sehat tanpa rokok bagi remaja dan perlunya perlindungan remaja terhadap paparan iklan dan asap rokok. “Deklarasi Pelajar mendukung Perda KTR No. 7 tahun 2013. tersebut akan dibacakan oleh perwakilan pelajar SMA/SMK peserta Seminar.” Katanya. Dini menambahkan, sebelum Deklarasi. pihaknya juga menyelenggarakan Seminar Kesehatan untuk pelajar SMA/SMK di Semarang dan sekitarnya, dengan tema “Be Smart be Non Smokers”
“Narasumber Seminar adalah Prie GS (Budayawan) memberikan materi tentang Budaya Merokok di kalangan Remaja dan DR. dr. Bagoes Widjanarko, MPH (Dosen FKM UNDIP) memaparkan tentang Dampak Rokok bagi Kesehatan,”Katanya. “Dalam Kesempatan itu juga akan ada pula testimoni seorang mantan perokok yaitu Sudjatmiko, SE, MM (Mantan Humas Telkom).” Imbuh Dini.
Seminar tersebut diikuti oleh pelajar SMK/SMA di Semarang dan sekitarnya, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Komunitas Peduli Kawasan Tanpa Rokok (KPKTR) Semarang, serta perwakilan Pramuka Kota Semarang. (Fakhrudin/suaramerdeka)