TUMBUH DAN BERKEMBANG PENDIDIKAN BERKUALITAS CIPTAKAN GENERASI YANG HEBAT

0
883

Oleh : Hendra Apriyadi
(Guru SMK Muhammadiyah Lebaksiu Kab Tegal)
Membaca sebuah buku karya Ahmad Said Matodang berjudul “Tumbuh dan Berkembang mengingatkan saya pada sebuah dinamika pendidikan berkualitas .Dalam Matodang Said A (2017:176) menurutnya sekolah yang hanya berusaha untuk menjadi terkenal tanpa diringi peningkatan yang kualitas sehingga ketika sekolah tersebut mampu melambung namanya mampu terkenal , namun kualitas pengajaranya , kualitas peserta didiknya jauh berada dibawah.

Pendidikan adalah suatu usaha yang sadar dan sistematis untuk menghasilkan manusia-manusia yang terpelajar, memiliki kapasitas intelektual dan keterampilan tertentu. Oleh karena itu peranan lembaga pendidikan dalam pembentukan generasi sangat krusial. Seringkali kualitas seseorang diukur dari seberapa tinggi pendidikannya. Meski tidak sepenuhnya tepat, hal itu memang banyak benarnya.

Dalam penyampain Muhajir Efendi selaku mentri Pendidikan dan kebudayaan Dalam penyampaiannya, ia mengingatkan agar sekolah Muhammadiyah terus berbenah, meningkatkan kualitas dan pembaharuan agar tidak tertinggal. Kalau dulu, Muhammadiyah yang mempelopori pembelajaran dengan sistem kelas, yang kemudian ditiru oleh pemerintah, maka seyogyanya Muhammadiyah terus melakukan pembaharuan lagi. “Kalau sekolah Muhammadiyah meniru sekolah pemerintah yang gratis, tentu orang akan lebih memilih ke sekolah pemerintah dari pada ke sekolah Muhammadiyah,” tuturnya.

Maka agar sebuah generasi menjadi generasi yang kuat dan berkualitas, pendidikan dan lembaga pendidikan harus mendapat perhatian yang khusus. Sebisa mungkin, pendidikan diselenggarakan dalam lembaga dan sistem yang baik, yang memungkinkan anak didik mencapai segenap kualitas yang diperlukan olehnya dalam mengarungi kehidupan. Pendidikan merupakan tanggung jawab semua pihak yang berkepentingan, keluarga, masyarakat, dan pemerintah.

“kualitas” menunjukkan kondisi sesuatu dibandingkan dengan suatu ukuran tertentu, berdasarkan norma-norma atau nilai-nilai terbaik mengenai sesuatu itu (Nawawi dan Martini, 1994).

Ukuran dari nilai-nilai itu sendiri adalah abstrak, sehingga ketika disebutkan istilah “generasi berkualitas”, definisi atau pengertian langsung dari istilah itu tidaklah begitu diperlukan karena maknanya tidak akan lebih jelas daripada istilah yang didefinisikan. Yang lebih penting untuk disampaikan di sini adalah ciri-ciri dari generasi berkualitas tersebut.

Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.” (QS. An-Nisâ [4]: 9)

Generasi Yang Hebat

Menurut Bill Gate seorang motivator asal Amerika Serikat , “Hal yang hebat adalah jika generasi muda mengerti bahwa kelakuan baik di sekolah membuat sisa hidup mereka jauh lebih menarik, mereka akan lebih termotivasi. Mereka masih belum mengerti saat ini apa pentingnya hal itu bagi keseluruhan hidup mereka.”

Anak yang senang belajar dihasilkan oleh guru-guru yang senang belajar Para guru yang senang belajar pasti akan memberikan cara belajar yang berbeda setiap harinya. Informasi yang diberikan kepada siswa juga pasti akan berbeda dengan sebelumnya.Peserta didik kita sudah dapat memberikan penilaian pada gurunya yang rajin belajar dan tidak senang belajar. ( Matodang Said A 2014:76)

Guru yang suka belajar akan lebih senang membaca dan menulis sehingga siswanya ikut tertantang untuk aktif membaca dan menulis . Guru yang pasif belajar hanya menghandalkan LKS , jika tidak ada LKS guru tidak mau mengajar kalaupun mengajar bingung mau apa yang di ajarkan . Datang tanpa persiapan , tidak punya semangat untuk berbah sekedar melepas kewajiban mengajar saja. Waktunya pulang dia akan pulang.Tidak ada waktu baginya untuk mempersiapkan peserta didiknya mampu menghadapi tantangan di masa yang akan datang.
Rasulullah Muhammad SAW dalam sabdanya memerintahkan agar kita selalu belajar.
Pendidikan berkualitas akan ciptakan generasi yang hebat , hebat dalam prestasi , hebat dalam berkarakter, hebat dalam ibadah, hebat dalam belajar, hebat menjaga moral dan tingkah laku. Hebat untuk berkarya dan Hebat untuk menciptkan Inovasi baru.
Catatan : Hendra Apriyadi Menulis Artikel untuk belajar saling membesarkan dan berbagi kebaikan , Jembayat 17 Mei 2017)
Sumber Data :
Matodang, Said Ahmad. 2014. Imam Robandi Spirit And Ideas. Surabaya : Solar Science Publisher.
———————————— . 2017.Tumbuh dan Berkembang, Refleksi dan Dinamika Elementary School Of Muhammadiyah 5 Kebayoran Baru Jakarta. Tegal : Sunhouse Digital.
Nawawi, Hadari, dan Mimi Martini, 1994, Manusia Berkualitas, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.