Tim Gebyar Muktamar Siapkan Gerak Jalan Serempak

0
299

SEMARANG – Dalam rangka menyemarakkan pergelaran Muktamar Satu Abad Muhammadiyah yang akan diselenggarakan pada 3-8 Juli 2010 di Yogyakarta, Tim Gebyar Muktamar Muhammadiyah Wilayah Jawa Tengah akan mengadakan gerak jalan massal serempak di beberapa kota/kabupaten Se-Jawa Tengah. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Tim Gebyar Muktamar Muhammadiyah Wilayah Jawa Tengah, Dr. A. Hasan Asy’ari Ulama’i, M. Ag, seusai rapat koordinasi dengan Tim Gebyar Muktamar Pimpinan Daerah Muhammadiyah se-Jawa Tengah, Kamis (10/5).
Kegiatan tersebut merupakan rangkaian atas beberapa kegiatan yang diadakan untuk menyemarakkan Muktamar Satu Abad Muhammadiyah.
Hal tersebut dibenarkan oleh sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Wonogiri, Tri Widodo. Tim gebyar Muktamar Muhammadiyah di daerah Wonogiri sedang mempersiapkan pawai ta’aruf massal yang akan dilaksanakan tanggal 13 Juni. Sebelumnya, beliau mengaku tim gebyar Muktamar Muhammadiyah di Wonogiri telah mengadakan jalan sehat, kedepan yang akan dilaksanakan adalah pawai ta’aruf, konvoi sepeda motor, lomba menyanyi dan geguritan.
Hal senada juga disampaikan oleh tim Gebyar Muktamar Muhammadiyah daerah Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kab. Brebes, Blora, Kota Pekalongan dan banyak daerah yang hadir dalam meeting tersebut, bahwa segala sesuatunya sedang disiapkan untuk mengadakan jalan sehat secara serentak di beberapa kota/kabupaten di propinsi Jawa Tengah.
Beberapa agenda yang telah disiapkan adalah gerak jalan massal serempak, ada juga beberapa daerah yang menggunakan istilah pawai ta’aruf dan jalan sehat. Selain itu, tanggal 15 Juni akan digelar gebyar bendera, spanduk dan banner. Pemasangan bendera, spanduk dan banner dalam rangka Muktamar Satu Abad telah dipasang di beberapa amal usaha Muhammadiyah, tetapi ada beberapa amal usaha yang belum memasang baliho, spanduk atau banner, padahal letaknya sangat strategis dilihat banyak orang.
Agenda lainnya yaitu pembuatan posko-posko di beberapa kota/kabupaten yang dilewati oleh jalur kedatangan peserta Muktamar dan penggembira Muktamar. Targetnya, pada H-5 nanti semua posko sudah berdiri.
Sekretaris panitia tim Gebyar Muktamar Muhammadiyah wilayah Jawa Tengah, R. Fahmi Sofwan, S. PdI, juga mengutarakan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh beberapa tim gebyar muktamar Muhammadiyah di beberapa kota/kabupaten, seperti pengajian akbar, bakti sosial, pengobatan dan panen raya. Khusus panen raya, daerah yang melaksanakannya adalah Pemalang, Cilacap dan Kebumen. Panen raya tersebut juga merupakan pilot project dari Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
Sementara itu, Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Drs. Tafsir, M. Ag, berharap bahwa dalam muktamar Muhammadiyah satu abad tersebut jamaah atau warga Muhammadiyah ikut bergerak dalam dakwah Muhammadiyah. Hal tersebut agar segala aspek yang ada dalam kehidupan masyarakat juga ikut bergerak, misalnya dengan adanya semarak gebyar muktamar Muhammadiyah, maka roda kehidupan ekonomi masyarakat di sekitarnya dapat menjadi makmur. Sehingga Muhammadiyah itu bukan hanya bertambah amal usahanya tetapi juga bertambah jamaahnya dan bergerak dalam menyampaikan visi dan misi dakwah Muhammadiyah.
Tafsir juga menginformasikan bahwa salah satu grup musik kebanggaan warga Muhammadiyah Jawa Tengah, khususnya Kebumen, Serambi Bagelen, akan berkolaborasi dengan Kyai Kanjeng pimpinan Emha Ainun Najib ( Cak Nun).