Talk Show Menapak Jejak Amien Rais

0
332

SEMARANG – Di ulang tahunnya yang ke – 66 tahun, sang tokoh reformasi Prof. Dr. Amien Rais, M.A, mendapatkan kado yang istimewa dari sang putrinya, Hanum Salsabiela Rais. Buku yang banyak berisi tentang keteladanan Amien Rais sebagai ayah dalam keluarga itu dituliskan Hanum karena sang ayah tersebut senang sekali dengan buku dan dalam perjalanan kehidupan ayahnya tersebut di bidang politik, beliau tidak pernah lupa dengan keluarganya.
Buku tersebut dibedah dalam sebuah acara talk show “Menapak Jejak Amien Rais” yang diselenggarakan Penerbit Erlangga dalam rangkaian acara Erlangga Fair di DP Mall Semarang, Jum’at (11/4). Buku tersebut dibedah oleh Putra Amien Rais lainnya, Hanafi Rais, dan pengasuh pondok pesantren Meteseh Semarang, KH. Budi Harjono.
Hanafi Rais menyatakan bahwa buku tersebut bisa menjadi motivasi setiap orang dalam menggapai cita-citanya dalam bidang apapun, baik sebagai pendidik, politisi dan sebagainya. Dalam menggapai impian-impiannya, Amien Rais mencoba untuk selalu konsisten dan persisten (continue), termasuk ketika dia menemui kegagalan. “Hanum juga menuliskan bagaimana perjuangan ayah ketika mencalonkan diri sebagai Presiden RI. Walaupun gagal, Hanum menuliskan bahwa ayah tetap menyejukkan hatiku”, tutur Hanafi.
Sementara Kyai Budi banyak memaparkan keteladanan Amien Rais dalam keluarga. “Amien Rais sangat demokratis dalam mendidik anak dan keteladanan Amien Rais bukan hanya sekedar menyuruh, berbicara dan berkata, tetapi dalam sikap dan perilaku dalam keluarga”, tutur Kyai Budi. Amien Rais menunjukkan uswah, dia tidak lupa kepada anaknya walaupun sibuk berpolitik.