Tak Kunjung Hujan, SD Muhammadiyah Palur Ajak Siswa-Siswinya Sholat Istisqo’

0
123

PWMJATENG.COM, SUKOHARJO – Waktu menunjukan pukul 07.00 siswa-siswi dengan didampingi seluruh guru dan staff segera menata diri membentuk shaf di halaman Lapngan mini SD Muhammadiyah Palur (24/10) . Mereka hendak melaksanakan sholat istisqo (sholat minta hujan). Bahkan pelaksanaan sholat istisqo ini diikuti juga oleh masyarakat sekitar.

Sholat dipimpin langsung oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sukoharjo KH. Wiwoho Aji Santoso, Sholat istisqo terdiri dari dua rakaat, dengan 7 kali takbir pada rakaat pertama dan 5 kali takbir pada rakaat kedua. Usai sholat istisqo, jamaah mendengarkan khutbah yang juga disampaikan oleh KH. Wiwoho Aji Santoso. Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan doa yang sangat khusyu.

Wiwoho dalam khutbahnya mengajak seluruh jama’ah untuk perbanyak istighfar memohon ampun kepada Allah, dengan diadakan sholat istisqo semoga Allah lekas turunkan hujan.

Kepala SD Muhammadiyah Palur, melalui Bidang Keislaman, Kemuhamammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) Nur Laili Fauzi, menyatakan bahwa pelaksanaan sholat istisqo ini dilatarbelakangi oleh kondisi iklim yang masuk pada fase kemarau panjang menyebabkan kekeringan diberbagai derah. Apalagi ditambah musibah kebakaran hutan di Riau dan Kalimantan, maka merasa perlu mengerahkan para siswa-siswi, jajaran guru dan staff untuk mengikuti kegiatan ini.

Sholat istisqo dihadiri Kepala Desa Palur bapak Sugito, Majlis Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bekonang, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Palur , Komite SD Muhammadiyah Palur serta masyarakat palur sekitarnya. (*)