Tadabur Alam, Rangkaian Field Trip 2 SD Muhammadiyah Kutoarjo

0
856
Para Peserta Field Trip 2

pwmjateng.com, Purworejo (26/10/16). Setelah sukses melaksanakan Field Trip 1 bersama peserta siswa kelas 1 dengan bahasan Bhinneka Tunggal Ika berseragamkan pakaian adat serta mengenal lingkungan sekitar sekolah, pekan ini berlanjut dengan Field Trip 2 disambut dengan suka cita oleh siswa kelas 2 SD Muhammadiyah Kutoarjo berjumlah 115 siswa beserta beberapa guru pendamping dengan bahasan mengenal buah-buahan, binatang, dan lingkungan sebagai karunia Allah.

Di Area Mancing Bersama
Di Area Mancing Bersama

Field Trip ini merupakan bentuk implementasi program sekolah dengan pembelajaran di luar kelas Contextual Learning. Kegiatan yang diselenggarakan di Desa Pelutan Kec. Gebang Purworejo ini, diawali dengan mengklasifikasikan nama-nama buah yang siswa bawa masing-masing dengan Bahasa Inggris, binatang-binatang yang bisa diihat di bawah bimbingan guru pendamping. Keceriaan terpancar dari raut muka siswa-siswi yang mengikuti kegiatan kali ini dengan penuh celotehan semangat dalam balutan kesejukkan udara pedesaan.

Suasana Tadabur Alam
Suasana Tadabur Alam

“Agenda Field Trip 2 dilaksanakan sebagai salah satu bentuk penanaman karakter anak. Karakter yang diharapkan adalah anak mampu membina keakraban dengan sesama, saling berbagi, saling menghormati, sabar, kreatif, dan fokus, serta mentadaburi alam ciptaan Allah”, ujar Suprayitno, S.Pd.I selaku Kepala SD Muhammadiyah Kutoarjo.

Setelah selesai dengan agenda ta`aruf ingkungan dilanjutkan dengan mancing bersama di kolam pemancingan. Kehebohan anak-anak, canda, tawa, teriakan persahabatan sangatlah kental. Hasil yang didapat atau tidak ikan pancingan yang penting senang dengan ada pengalaman tersendiri.

Salah Satu Peserta yang Didampingi Oleh Guru Pendamping
Salah Satu Peserta yang Didampingi Oleh Guru Pendamping

“Tak lupa bersyukur kepada Allah itu penting dengan alam semesta ini kita bisa memposisikan sebagai khalifatul fil ardhi. Sukses untuk kelas 2 SD Muhammadiyah Kutoarjo, kalian calon-calon generasi masa depan yang terbaik” ujar beliau.

Pekan selanjutnya akan dilanjutkan Field Trip 3 dengan peserta kelas 4 yaitu outbound dan belajar kedisiplinan di Kodim 412 Kabupaten Purworejo. (Akhmad Musdani)