Survey Akreditasi RS PKU Muhammadiyah Karanganyar Menuju Rumah Sakit Paripurna

0
553

PWMJATENG.COM, KARANGANYAR – Sesuai ketentuan UU Rumah Sakit No.. 44/2009 sebuah rumah sakit berkewajiban melaksanakan akreditasi dalam upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit yang dilaksanakan secara berkala. Terkait hal tersebut mulai tanggal 19 – 21 Desember 2016 di RS PKU Muhammadiyah Karanganyar dilaksanakan Survey Akreditasi.

Tim surveyor dari KARS (Komite Akreditasi Rumah Sakit) Jakarta yang dipimpin oleh dr. Tini Sekarwati, SKM didampingi oleh dr. Librantoro, Sp.(K)FIHA dan Rohani Aziz, S.Kep., M.Kes diterima oleh manajemen RS PKU Muhammadiyah Karanganyar  dipimpin direktur dr. Aditya Nurcahyo dengan didampingi  pimpinan dan pokja terkait di hikmah room RS PKU Muhammadiyah Karanganyar, senin (19/12). Dihadapan tim surveyor aditya mempresentasikan hal-hal terkait dengan rumah sakit yang dipimpinnya berserta keunggulan-keunggulan dan prestasi yang telah diraih pihak rumah sakit.

Drs. Ngadiman, M.Si., salah satu manajemen rumah sakit kepada muhammadiyah.or.id mengatakan pada survey selama 3 hari ini aspek yang disurvey meliputi manajemen, keperawatan dan medis yang meliputi 15 pokja. “Apabila 15 pokja yang disurvey ini dinyatakan memenuhi standar maka rumah sakit akan menyandang predikat akreditasi paripurna” tegasnya.

Menurut Ngadiman, banyak hal yang telah dipersiapkan oleh pihak RS PKU Karanganyar  menghadapi rangkaian proses akreditasi ini dan sudah beberapa bulan yang lalu persiapannya. Diantara persiapan itu adalah diadakannya workshop dan banyak pelatihan oleh KARS atau Persi, melakukan studi banding ke berbagai rumah sakit yang telah menyandang akreditasi paripurna, membentuk tim pokja yang dibagi kedalam 15 pokja, mendatangkan pembimbing akreditasi  dari KARS maupun dari RS PKU Jogjakarta-1, dan tentunya perbaikan sarana dan prasarana rumah sakit yang diperlukan dan dipersyaratakan.

Melalui Ngadiman, disampaikan komitmen yang tinggi dari semua unsur terkait baik Pimpinan Daerah Muhammadiyah Karanganyar, MPKU, Direksi, struktural dan seluruh karyawan dalam menyukseskan proses akreditasi ini.

Terakhir manajemen RS PKU Muhammadiyah Karanganyar berharap proses akreditasi yang dilakasakan ini dapat menghasilkan sebuah “Akreditasi Paripurna” yang memenuhi standar 15 pokja kelulusan dan PKU Karanganyar menjadi rumah sakit yang bermutu dengan layanan prima berorientasi pada keselamatan pasien (MPI PDM Kra – JOe).