Steffalda Temukan Kebahagiaan Jadi Penyiar Radio

0
75

PWMJATENG.COM KUDUS – Dalam rangka meningkatkan program siaran di Radio Suara Kudus khususnya segmen anak muda dan remaja, Radio Suara Kudus mengajak kerjasama dengan pihak sekolah untuk dapat berpartisipasi dalam acara “Suara Kudus Goes To School” dengan mengirim perwakilan siswa/siswi dari pihak sekolah untuk mengikuti pelatihan jurnalistik. Radio Suara Kudus juga menggelar audisi pemilihan penyiar remaja kepada siswa/siswi dan mahasiswa. Dalam pelatihan jurnalistik, bagi peserta yang berprestasi berkesempatan untuk magang menjadi penyiar di Radio Suara Kudus.

Steffalda Aufiannisa Fajrin dengan nama panggilan Alda siswi SMA Muhammadiyah Kudus kelas XI MIPA lebih memilih membicarakan hal-hal yang membuat bahagia, ketimbang hal-hal yang menyedihkan saat siaran di Radio Suara Kudus. Berawal dari Radio Suara Kudus yang mengajukan kerjasama acara pelatihan jurnalistik kepenyiaran dan audisi penyiar remaja pada tanggal 31 Juli 2019, didapatkan 25 siswa/siswi SMA Muhammadiyah Kudus yang mengikuti pelatihan tersebut, dan dari jumlah tersebut diambil tiga siswi yang lolos masuk ke audisi.

Alhamdulillah akhirnya Alda lolos juga di acara audisi tingkat SMA-SMK se-Kabupaten Kudus, kemudian diberi kesempatan untuk mendapatkan pelatihan menjadi penyiar Radio Suara Kudus mulai bulan September sampai dengan bulan Oktober. Selama dua bulan inilah yang akan menentukan Alda terpilih atau tidaknya untuk mengikuti magang di Radio Suara Kudus berdasarkan perolehan polling What’s App terbanyak.

Ibu Panca Santi HS, S.Pd. selaku pembina ekstrakurikuler jurnalistik berpesan “Jadi penyiar itu memang menyenangkan. Penyiar bisa membuat kebahagiaan untuk banyak orang yang mendengarkan, bahkan bisa dengerin musik favorit sesukanya dan punya fans juga.” terutama untuk Alda yang sedang berjuang untuk menjadi seorang penyiar.

 

Penulis: Panca Santi HS, S.Pd.-Guru SMA Muhammadiyah Kudus | Editor: Tuti Astha3