SMP Musat Menuju Sekolah Qur’ani

0
681

PWMJATENG.COM, KRAMAT – Merancang suatu sistem pendidikan yang berkarakter memerlukan sebuah proses yang panjang. Tentunya pendidikan karakter yang dimaksud adalah pendidikan yang Qur’ani setiap manusia yang terlahir ke dunia merupakan anugrah dan setiap manusia menyandang potensinya masing-masing.

Oleh karena itu jika sebuah lembaga pendidikan ingin menghasilkan lulusan yang memiliki perilaku yang sesuai dengan kaidah normatif yang berlaku di masyarakat pada umumnya.

Hal demikian telah diupayakan untuk diterapkan di SMP Muhammadiyah 1Kramat (Musat). sistem pendidikan yang diterapkan oleh SMP Musat terus berkembang. Pada acara FORTASI (Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa Baru) 2017 yang dilaksanakan pada senin-rabu, (17-19/7) bertempat di aula SMP Musat, salah satu rangkaian acaranya adalah tes Baca Tulis dan tahfidzQur’an. “tujuan di tesnya bacaan al-Qur’an siswa baru karena adanya upaya untuk jalannya program baru SMP Musat yaitu program Tahfidz Qur’an.” Ungkap Saripudin selaku kepala sekolah.

Program tahfidz Qur’an tersebut, lanjut Saripudin merupakan salah satu upaya menuju sekolah yang Qur’ani. “selain itu SMP Musat juga akan menggratiskan SPP bagi mereka yang masuk kelas tahfidz, dengan catatan banyaknya hafalan sesuai dengan yang di targetkan dari pihak sekolah” Imbuhnya.

Hal tersebut merupakan upaya untuk terus membumikan al-Qur’an melalui program Tahfidz tersebut. “Harapannya dengan munculnya program-program baru SMP Musat terus berkembang dan menjadi sekolah Qur’ani”. Tutupnya. (Riza A. Novanto)