SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Gelar Webinar dalam Rangka Perayaan Puncak Milad ke -68

0
36

PWMJATENG.COM, SOLO – SMP Muhammadiyah 1 Surakarta yang dikenal dengan Sekolah Kader Bangsa, menggelar Webinar yang dapat diikuti tidak hanya siswa dan wali murid, tetapi dapat juga diikuti masyarakat umum. Webinar yang digelar melalui aplikasi zoom meeting ini diselenggarakan tanggal 12 September 2020, pukul 09.00 sampai 12.00.

Pembicara pertama yang menyampaikan materi Bapak Prof. Dr. H. Sofyan Anif, M.Si. yang saat ini menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pada Webinar tersebut beliau menyampaikan tentang “Kiat Mewujudkan Sekolah berkualitas. Di Era Revolusi 4.0.”

Sekolah tersebut adalah sekolah yang mampu mendidik Siswanya untuk seimbang antara Dunia dan Akhirat. Proses mencapai hal tersebuat yaitu dengan mendidik softskill siswa. Softskill yang dimaksud seperti Kejujuran, Kedisiplinan, Komunikasi, solutif, penuh inovasi dan tangguh menghadapi persoalan. Tetapi tetap keberhasilan mendididik Siswa tidak hanya dotentutan Sekolah. Tetapi Menurut Ki Hajar Dewantara Mendidik itu melalui Formal, Keluarga, dan Lingkungan.

Pembicara Kedua yang menyampaikan materi adalah Prof. Dr.H. Abdul Mu’ti, M.Ed yang saat ini menjabat sebagai Sekeretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan baru saja menjadi Guru Besar di UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta. Beliau menyampaikan tentang “ Menyiapkan Generasi Berkualitas Dalam Mewujudkan Kader Berkemajuan”.

Beliau menyampaikan pentingnya menjadi orang berilmu, karena ilmulah yang akan mengangkat posisi pemiliknya menjadi mulia. Selain itu peran orang tua sangat penting dalam keberhasilan anak. Seperti Ayah Prof.Mu’ti yang sering terlibat dalam proses belajar Prof. Mu’ti. Sehingga membentuk Karakter Prof Mu’ti menjadi seseorang yang semangat dalam belajar dan memperjuangkan “Himmah” atau cita-cita yang tinggi. Para peserta sangat antusias bertanya karean tema dan penyampaian dari pembicara yang menarik.

Kepala SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Bapak H. Sukidi, S.Ag, M.Pd menyampaikan harapan dari acara ini agar ilmu yang disampaikan dari pembicara menjadi penyemangat siswa dan menginspirasi Orang tua siswa serta khalayak luas dalam mendidik anak di era pandemi. Maka Milad SMP Muhammadiyah 1 SKA ke-68 kali ini tidak hanya bermanfaat bagi internal sekolah tetapi juga untuk masyarakat.(Humas Simpon)