SMK Muhammadiyah 3 Weleri Salurkan Zakat Fitrah ke Abang Becak

0
577
Kepala SMK Muhammadiyah 3 Weleri. Kendal, H. Yusuf Darwamaan, M.Pd saat menyerahkan zakat fitrah berupa beras kepada salah satu abang becak

PWM JATENG.COM, KENDAL – Sebanyak 2,5 ton beras zakat fitrah tahun 1438 H yang berasal dari seluruh siswa, guru dan pegawai di lingkungan SMK Muhammadiyah 3 Weleri, Kendal pada Selasa (20/6) telah disalurkan kepada fakir miskin di beberapa tempat.

“ Zakat fitrah yang berupa beras kami salurkan kepada fakir miskin, diantaranya tukan becak “ kata kepala SMK Muhammadiyah 3 Weleri, H. Yusuf Darmawan, M.Pd ketika ditemui pwmjateng.com disela-sela pembagian beras zakat fitrah.

“ Terdapat 6 titik yang jadi sasaran tempat penyaluran, yaitu di desa Kebondalem, Kec Gringsing, Batang, 4 panti asuhan milik Muhammadiyah, masing masing Muhammadiyah Putra, Muhmmadiyah Putri di Weleri, Aisyiyah Ringinarum, Sutedjo Putri di Truko, Kangkung, dan halaman sekolahan. Khusus untuk di halaman sekolah kami zakat fitrah kami berikan fakir miskin yang berprofesi sebagai tukang becak “ jelas Darmawan.

Zakat fitrah dari keluarga besar SMK Muhammadiyah 3 Weleri tidak sekedar dikumpulkan dan dibagikan kepada yang berhak. Ada misi yang ingin dibangun.

“ Kami tidak sekedar melepas kewajiban zakat fitrah di bulan Ramadhani, tetapi dengan berzakat fitrah kami ingin membangun sillaturrahmi dan memperkuat keakraban sesama muslim untuk mewujudkan idul fitri yang menyenangkan “ ujar Darmawan.

Dari pantauan, khusus untuk di tempat halaman sekolahahan tengah berlangsung pembagian zakat fitrah kepada abang becak. Sebanyak 300 kemasan beras telah disiapkan oleh panitia , masing-masing berisi 2,5 kg. Mereka tukang becak datang untuk menerima zakat beras sambil membawa kupon atau surat undangan yang telah diberikan beberapa hari yang lalu oleh panitia. Tampak diantara abang becak terlihat senang ketika menerima 2,5 kg beras tersebut.

Terlihat ada rasa haru dan gembira disaat panitia menyerahkan kewajiban zakat mereka kepada yang berhak menerimanya dan disambut dengan senyum lebar para abang becak yang selama ini mereka mangkal di beberapa tempat yang ada di Weleri dan sekitarnya.

“ Kami merasa bersyukur dengan pemberian beras zakat dari SMK Muhammadiyah 3 Weleri “ kata Zubaidi (62) warga desa Penaruban (Rt 04/Rw 06) ketika ditemui usai menerima zakat. Zubaidi mengaku belum pernah menerima beras zakat di bulan Ramadhan ini.

“ Alhamdulillah, matur nuwun SMK Muhammadiyah 3 Weleri “ ujarnya. Hal senada juga diungkapkan oleh Ngadi (64) warga desa Montongsari (Rt 04/03) Weleri. Lelaki yang sudah 20 tahun mengayuh becaknya itu tidak menduga kalau dirinya akan menerima beras zakat fitrah.

“ Kemarin saya diberi surat undangan untuk datang ke sekolahan “ katanya.

“ Dan alhamdulillah saya diberi beras zakat “ ujar Ngadi sambil mendekap beras dalam kemasan yang baru diterimanya. Ia berencana menyerahkan beras zakat itu kepada istrinya supaya dimasak untuk berbuka puasa bersama keluarga. ( A.Ghofur/MPI Kendal )