Siswa siswi SD Muhammadiyah (Plus) Manfaatkan Jeda Semester dengan Outing Classs

0
838
Belajar di Luar Kelas

SALATIGA – Kegiatan Ulangan Tengah Semester telah berakhir. Siswa siswi SD Muhammadiyah (Plus) melakukan kegiatan jeda semester dengan outing class (belajar diluar kelas), belum lama ini. Kegiatan yang dilaksanakan guna mengurangi kebosanan siswa siswi saat belajar di dalam kelas.
“Belajar itu tidak harus di dalam kelas, kita dapat belajar dari alam. Bukan hanya guru yang dapat memberikan pengetahuan kepada siswa tentang berbagai ilmu pengetahuan,” ungkap Sutomo Kepala SD Berprestasi Tingkat Nasional tersebut.
Siswa siswi kelas enam belajar tentang cara berkebun ke Disbun. Kegiatan ini dilakukan untuk memperkenalkan berbagai macam tumbuhan perkebunan yg dibudidayakan di sekitar kita. Selain itu kegiatan ini digunakan untuk menunjang pembelajaran IPA tentang perkembangbiakan tanaman. Di sini siswa-siswi diajarkan bagaimana cara mencangkok, menyambung, dan menempel langsung di kebun pembibitan. Bahkan anak2 jg diajak melihat bagaimana cara perkembangbiakan dengan menggunakan kultur jaringan. Dgn adanya kegiatan ini diharapkan anak tidak hanya mengetahui perkembangbiakan tumbuhan dari buku saja namun anak2 jg bs melihat langsung dan mempraktikkannya.
Siswa kelas dua belajar dengan bapak-bapak Dinas Perhubungan Salatiga di Taman Bendosari. Anak-anak dijelaskan mengenai simbol simbol lalu lintas. Diperagakan pula bagaimana cara berkendara dengan baik.
Sutomo menjelaskan, biasanya sebuah materi pembelajaran akan lebih mudah terserap siswa jika siswa terjun langsung ke lapangan atau menemui langsung hal-hal yang dipelajarinya. Sehingga kegiatan outing class tersebut sangat membantu siswa dalam pemahaman sebuah materi. Salah satu contohnya adalah pelajaran tentang tertib lalu lintas yang terdapat pada mata pelajaran bahasa Inggris dan IPS. Para siswa tampak antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Karena belajar langsung anak anak dapat berinteraksi secara langsung dengan apa yang mereka pelajari.

Endra Gunawan MPI Salatiga