Rihlah Edukatif, IPM SETU Wujudkan Generasi Muda Masa Depan

0
727

PWMJATENG.COM, BOJONG – Setiap organisasi berharap agar terus eksis di tengah perkembangan zaman. Salah satu upaya yang dilakaukan adalah melalui kaderisasi. Upaya tersebut dilakukan pula oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) selaku organisasi otonom Muhammadiyah.

IPM Ranting Setu melaksanakan Pengajian Outdoor pada Ahad, (30/7) di kawasan Obyek Wisata Guci. Acara IPM Ranting Setu ini diikuti oleh segenap siswa-siswi TPQ ‘Aisyiyah Desa Setu. “Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk membina kader muda Muhammadiyah menjadi generasi muda yang maju, cerdas, dan Islami”. Pungkas IPMawan M. Tanuri selaku ketua panitia.

Acara yang bertajuk pengajian outdoor ini lanjut Tanuri, dilaksanakan dengan mekanisme perjalanan. “Peserta dibagi kedalam tim yang masing-masing tim terdiri atas 5-6 peserta”. Ungkapnya.

Setiap pos memiliki makna masing-masing, bukan hanya sekedar permainan, pada pos satu dan empat misalnya, peserta dilatih mengenai fiqih dan ibadah, keislaman dan kemuhammadiyahan. Di pos kedua dan ketiga, peserta dilatih bagaimana manfaat panca indra manusia sebagai nikat Allah berikan. “Peserta juga belajar mengenai bagaimana menyampaikan amanah dengan berbicara. Di pos terakhir, peserta dihadapkan dengan Uji mental, yakni untuk melatih bagaimana mental generasi muda yang maju, erdas dan Islami”. Tuturnya.

Selain itu Ade Trisanjaya selaku ketua IPM Setu menuturkan bahwa“Dengan kegiatan yang dilaksanakan di alam ini diharapkan peserta dapat mengenal, menjaga, dan melestarikan alam”. Setiap peserta dilarang merusak alam, tetapi ikut menjaganya dengan mengumpulkan sampah yang ditemui dijalan. “Harapannya rihlah edukatif ini bisa menjadikan pelajaran tersendiri bagi mereka, sekaligus menjadi bekal agar kelak menjadi penerus yang tahan banting dan teguh pendirian”. Tutup Ade. (Riza A. Novanto)