Ratusan Anggota Jamaah Ikuti Sholat Kusuf di Masjid Mujahidin Kendal

0
749

PWMJATENG.COM, KENDAL – Ratusan anggota jamaah di kota Kendal, Selasa (8/8) mengikuti sholat kusuf, sholat gerhana bulan dengan khusyu’ di masjid Mujahidin, Jalan Pemuda Kendal. Sholat gerhana tersebut dimulai pukul 02.25 WIB dini hari dengan imam sholat Ustadz H. Ikhsan Intizam Lc M.Ag.

Usai sholat gerhana dilanjutkan dengan khutbah dengan khotib Muhammad Aliyun. “ Baru saja kita mengalami kematian bersama, yaitu tidur. Tidur bagi manusia adalah bentuk kematian sementara, dan Allah telah membangkitkan kita seraya mengucapkan Alhamdulillahilladhiahyanaba’damaamatamawailaihinusuur“ kata Aliyun mengawali khutbahnya dengan mengutip do’a bangun tidur.

Dalam khutbah, alumni Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) tersebut menguraikan tentang pentingnya ummat Islam memahami bahwa gerhana bulan maupun gerhana matahari adalah fenomena alam yang tidak ada hubungannya dengan kematian seseorang.

“Sebagaimana tercatat dalam sirah nabawiyah sejumlah gerhana terjadi pada zaman Nabi, bahkan dikaitkan dengan meninggalnya putranya, Ibrahim bin Muhammad “ kata Aliyun.

Menurut beliau, sepanjang hidup Rasulullah telah terjadi sekita renam kali peristiwa gerhana matahari, dan yang paling banyak adalah gerhana cincin.

“ Tentang gerhana karena meninggalnya Ibrahim, maka Rasulullah bersabda, sesungguhnya matahari dan bulan tidak akan mengalami gerhana disebebkan karena mati atau hidupnya seseorang. Jika kalian melihat gerhana,maka sholat dan berdoalah kepada Allah “ jelasnya.

Di bagian lain disampaikan tentang fenomena alam sebagai tanda – tanda hari akhir, qiamat.

“ Tidak bisa dipungkiri bahwa kita hidup di akhir zaman. Berbagai peristiwa telah mengisyaratkan bahwa bumi semakin tua. Cuaca semakin tidak menentu dan sulit diprediksi. Berbagai bencana seperti gempa bumi, banjir, badai, dan gunung meletus kerap terjadi di penjuru dunia. Pemanasan global yang semakin mengkhawatirkan,” paparnya.

Ditambahkan, dalam kehidupan sosial, berbagai kejadian memilukan juga sering terjadi di akhir – akhir ini, misalnya pembunuhan, perang saudara, korupsi, dan berbagai bentuk kebejatan moral telah menghiasi kehidupan dunia.

“ Meski kiamat sebagai rahasia Allah, tapi Allah telah memberi isyarat dan sejumlah tanda – tanda datangnya kiamat “ ujarnya.

Usai khutbah dialnjutkan dengan menyantap bubur lodeh oleh para anggota jamaah yang sudah disiapkan oleh takmir masjid Mujahidin. ( A.Ghofur/MPI Kendal )