PWM Buka Bersama di Lembaga Permasyarakatan Kedungpane Semarang

0
433

SEMARANG – Sebagai upaya meningkatkan solidaritas sosial di bulan ramadhan serta dalam rangka mewujudkan dakwah melintasi jaman dan menembus batas, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah melakukan kegiatan buka bersama dengan para nara pidana di Lembaga Permasyarakatan Kedungpane Semarang.
Sekretaris PWM Jawa Tengah, Drs. Tafsir, M. Ag, dalam kajiannya menyampaikan beberapa hal tentang hikmah puasa. “Puasa di LP itu bisa lebih khusyuk dari pada puasa di lingkungan luar, karena di LP tidak tercampur dengan dunia luar, tidak memikirkan kebutuhan rumah tangga, terganggu anak dan istri”, kata Tafsir.
Kegiatan buka bersama dari forum karyawan Gedung Muhammadiyah Jawa Tengah dan Angkatan Muda Muhammadiyah tersebut disambut baik oleh pihak pengurus LP. Pihak LP bahkan berharap agar Muhammadiyah mau untuk mendampingi napi-napi yang telah selesai dari masa di LP untuk dibimbing dan dibekali keterampilan.
Menurut pihak LP, ada banyak residifis yang telah keluar dari LP kemudian kurang dapat diterima di masyarakat, dan tidak mempunyai penghidupan dan pekerjaan yang tetap, sehingga akhirnya mereka lebih memilih untuk kembali berbuat kriminal, tertangkap, dihukum dan masuk ke LP kembali. (Udn)