Pesantren Ramadhan Anak, Upaya Pendidikan Akhak Sejak Dini

0
330

TEGAL – Ada suasana pesantren ramadhan yang berbeda di kecamatan Adiwerna, sebut saja pesantren ramadhan anak (PRA). Pesantren ini khusus anak-anak dari usia 5-10 tahun yang dilaksanakan setiap sore hari yaitu usa Shalat Ashar bertempat di Masjid Al-Falah Tembok Banjaran, Adiwerna.
Pesantren ramadhan anak ini langsung mengambil pembina dari Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kabupaten Tegal. Harapannya ini sebagai upaya kita untuk mengkader bibit-bibit baru serta mendidik agar terbentuk anak yang berakhlakul qarimah sejak dini. Peserta pesantren ramadhan anak di ikuti oleh kurang lebih 50 anak setiap harinya.
“Mendidik anak itu tidak mudah, butuh ketelatenan dan kesabaran,” kata Maulana selaku koordinator pembina.
Kegiatan ini merupakan amanah kedua kalinya yang di berikan kepada PD IPM untuk mengelola pesantren ramadhan anak.
Adapun team pendamping yang terdiri dari personil Pimpinan Daerah IPM Kabupaten Tegal, Korps Da’i Pelajar (KODAPELA), dan para alumni Pondok Pesantren Ahmad Dahlan Kabupaten Tegal.
Kegiatan telah terjadwal dalam sepekan, dengan materi tajwid, hafalan Juz Amma, hafalan doa sehari-hari, dongeng, dan juga outbond. Semua itu terjadwal dengan rapi sehingga anak-anak tidak merasa bosan. “Alhamdulillah antusias anak-anak terus meningkat” jelas Santoso selaku Ketua PD IPM Kabupaten Tegal. (Riza/MPI Kab.Tegal)