Pesantren Jurnalistik Ramadan Banjir Peserta

0
389

SEMARANG – Pesantren Jurnalistik Ramadan yang digelar Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jateng, banjir peserta. Karena sejumlah PDM, Ortom, maupun AUM, banyak yang mendelegasikan wakilnya melebihi dari yang patok panitia. Misal dari PDM Wonosobo yang mengirimkan 5 orang,
Dalam pembukaan di Gedung Dakwah PWM Muhamamdiyah, Jumat (17/6/2016) pukul 14.00, Ketua Panitia, Raad Noor Fattah mengaku terkejut dengan jumlah peserta yang hampir mencapai 100 orang. Untuk semakin memantapkan materi jurnalistik pada hari Sabtu (18/6/2016), mereka akan diajak berkunjung ke Tribun Jateng.
“Insyaallah besok sekitar pukul 13.00 kami akan berkunjung ke Tribun Jateng, untuk memperdalam ilmu jurnalistik yang sudah diberika materinya tadi siang,” imbuh Raad.
Sementara itu, Ketua PWM H. Tafsir, dalam sambutannya mengungkapkan pentingnya peran media. Tafsir mengumpamakan, kebaikan yang tak terorganisir akan kalah dengan kebathilan yang terorganisir.
“Di sinilah pentingnya media. Kegiatan yang tak dibackup media, sebagus apapun itu, tak akan bergaung dan direspon masyarakat. Sebaliknya, kegiatan atau organisasi yang sifatnya biasa-biasa aja, tapi karena dibackup media, gaung menjadi luar biasa,” ungkapnya.
Karena itu, Tafsir berharap dengan Pesantren Jurnalistik Ramadan ini, kader Muhammadiyah bisa mengambil peran di media. Minimal mampu menggaungkan syiar Islam lewat Muhammadiyah.
“Saya prihatin, media Islam yang ada saat ini banyak yang kolap. Karena itu saya memimpikan media Islam bisa bangkit kembali, setidaknya Muhammadiyah bisa mengawali,” harapnya. (*/rustam)