Pengajian Rutin Muhammadiyah Bayan Purworejo dan Galang Dana

0
722

PWMJATENG.COM, Purworejo – Merupakan wahana penguatan ideologi dan silaturahmi pengurus jamaah dan simpatisan Muhammadiyah di Kecamatan Bayan Purworejo, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bayan melalui Majelis Tabligh selenggarakan pengajian rutin pada setiap ahad pagi pekan kedua. Disampaikan Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag. Ketua PCM Bayan Purworejo bahwasanya pengajian rutin ini dilaksanakan sebagai agenda penting selain pengajian pada kesempatan kali ini juga diadakan pemeriksaan kesehatan gratis dan penggalangan dana peduli Rohingya.

“Pengajian rutin amat penting menjadi forum konsolidasi gerakan pimpinan. Diharapkan melalui agenda ini tumbuh ide gagasan untuk mengembangkan program-program yang lainnya juga. Seperti penyelenggaraan pemeriksaan gratis oleh Majelis Kesehatan dan Penerimaan Zakat Infaq Sadaqah oleh LAZISMU Bayan dari jamaah,”ujar Rofiq Nurhadi.

Pada ahad kali ini disampaikan oleh Jumari Al Ngluwary Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Magelang. Dalam paparannya beliau membedah langkah Menjadi Pribadi Muslim yang Sebenar-benarnya. “Untuk mencapai pribadi tersebut, dapat melalui Satu Akidah Sepuluh Akhlaq yakni Satu : Pemurnian Tauhid; Sepuluh : Birrul Walidain, Memenuhi Hak Orang lain, Tengahan dalam Peduli dan Berbagi, Jangan Membunuh Anak, Jangan Mendekati Zina, Jangan Membunuh yang Diharamkan, Jangan Mendzalimi Anak Yatim, Lurus dalam Pencaharian, Jangan Taqlid dan terakhir Jangan Sombong,”ungkapnya.

Untuk Satu Point Akidah, harus dengan Iman Ikhlas disertai Ibadah yang Ittiba’ pada Rasulullah SAW. “Diri kita harus menjadi pribadi merdeka, tidak terpenjara oleh hasad, kedudukan, harta dan lingkungan, sederhana dalam menerima ajaran agama dan Menjadi Pribadi yang Berserah diri Sepenuh Hati serta menjadi pribadi yang tidak takut dan tidak khawatir dengan meneladani yang tercantum dalam QS Fushilat 30,”paparnya.

Jumari Al Ngluwary yang juga merupakan Wakil Ketua Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, menjelaskan dengan dilandasi satu akidah tersebut diwujudkan dalam sepuluh akhlaq. “Keseluruhan tersebut ketika dapat diterapkan meendukung tercapai pribadi Muslim yang sebenar-benarnya,”pungkasnya.

Selain agenda pengajian yang diisi pemateri yang bergantian antara pembicara dari internal Muhammadiyah Kabupaten Purworejo dengan yang berasal dari luar, juga diselenggarakan rutin pemeriksaan gratis oleh Majelis Kesehatan dan Penggalangan Dana Peduli Rohingya dari seluruh jamaah. (*)