Pendidikan Fisika UM Purworejo Gali Potensi Muda Berkamajuan

0
427

PWMJATENG.COM, PURWOREJO – Generasi muda merupakan aset paling berharga sebagai penerus bangsa yang perlu diberdayakan dengan segala potensinya. Guna mewadahi potensi yang dimiliki oleh masing-masing generasi muda dalam hal ini siswa-siswi yang masih menjalani proses pendidikan dan pengajaran, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo menggelar rangkaian kegiatan bertajuk Momentum Of Physics 2017 dengan mengangkat tema “Gali Potensi, Kembangkan Diri Guna Mewujudkan Generasi Muda Berkemajuan”. Sasaran peserta yaitu siswa-siswi SMA/MA dan SMK serta Umum se-Karesidenan Kedu dan DIY. Adapun macam kegiatannya yaitu Olimpiade Fisika, Workshop Public Speaking, Kompetisi Roket Air dan Lomba Fotografi.

Dengan mengambil lokasi di Auditorium Kasman Singodimedjo Universitas Muhammadiyah Purworejo kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu-Jumat (29-31/3) .

“Selain turut serta dalam rangka menggali potensi siswa-siswi juga turut serta mencapai tujuan bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa berdasarkan UUD 45, mengaplikasikan konsep dasar fisika melalui kompetisi roket air, meningkatkan kompetensi dalam ber-public speaking dan menumbuhkan ide kreatif invasi dan eksplorasi terutama dalam bidang fotografi” ujar Ryan Pranidha Ketua Panitia.

Untuk olimpiade diharapkan dapat mengasah kompetensi siswa melalui sisi konsep dasar secara analitis dan matematis. Workshop Public Speaking disampaikan oleh Amalia Ulfah dari Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta memotivasi peserta guna meningkatkan kemampuan public speaking.

“Selamat datang para peserta kompetisi di Universitas Muhammadiyah Purworejo dan berjuang mengikuti rangkaian kompetisi. Kami mengapresiasi bagi peserta yang ikut serta kompetisi berupa dibebaskan bagi yang akan masuk bergabung dengan Pendidikan Fisika UM Purworejo tanpa tes masuk dan bebas uang gedung” ungkap Drs. H. Supriyono, M.Pd. selaku Rektor UMP.

Hasil kejuaraan olimpiade fisika yaitu Juara 1 diraih oleh Tim SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Juara 2 dan 3 diraih oleh MAN Tegalrejo. Sedangkan untuk Kompetisi Roket Air diborong semuanya oleh SMA Muhammadiyah 1 Gombong Kebumen. Adapun untuk lomba fotografi yang diselenggarakan secara online dengan peserta umum diraih oleh Imam Ridho Assalam dari Mahasiswa UMP dalam kategori Foto Terbaik. Kemudian hadiah kejuaraan disampaikan langsung oleh Kaprogdi Pendidikan Fisika UMP Eko Setyadi Kurniawan, M.Pd. Si.

“Atas terlaksananya agenda Momentum of Physics untuk yang ke-4 kalinya dapat sukses berkat kerjasama partisipasi aktif dari semua pihak baik mahasiswa, dosen, rektorat dan pihak lainnya diucapkan terima kasih . Semoga agenda ini dapat turut serta memberikan kontribusi bagi penerimaan mahasiswa baru tahun pelajaran baru yang sudah mulai dibuka untuk gelombang pertama” tutup Ryan Pranidha Ketua Panitia. (akhmad musdani)