Pemuda Muhammadiyah Desa Podo-Kedungwuni Gelorakan Cari Pahala Berlipat Lewat Gema Ramadhan

0
467

PWMJATENG.COM, PEKALONGAN – Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang harus diisi dengan kegiatan-kegiatan yang penuh manfaat, berpuasa tak lantas menjadikan diri malas dan lemas bulan penuh berkah tidak boleh berlalu begitu saja tanpa kegiatan yang bermanfaat, seperti yang dilakukan oleh para pemuda Muahmmadiyah di Desa Podo Kec.Kedungwuni, mereka mengusung kegiatan selama bulan Ramadhan ini dengan nama Gema Ramadhan yang bertemakan “Mencari Pahala Berlipat di Bulan Penuh Berkah”.

“Kegiatan rutin di masjid Podo setiap bulan ramadhan biasanya hanya pembagian takjil, buka bersama dan pengajian rutin setiap hari, tapi untuk tahun ini ada kegiatan baru yakni pemeriksaan kesehatan gratis dan sembako murah setiap hari ahad,” Jelas M.Fathur Rohman salah satu pengurus PRPM Podo.

Pelaksanaan kegiatan Gema Ramadhan terinovasi saat pengurus PRPM Podo melakukan study banding ke masjid Jogokaryan Yogyakarta, dan dalam oenerapannya disesuaikan dengan kondisi masyarakat desa Podo. Dalam pelaksanaan kegiatan Gema RamadhanPRPM Podo bekerja sama dengan PRNA Podo sebagai panitia dan bekerja sama pula dengan RSI Muhammadiyah Pekajangan dalam pelayanan kesehatannya. Dari segi pendanaan didapat melalui pengajuan proposal dan kas pengurus.

“Saya yah merasa senang dari Masjid Al-Hikmah Podo ada kegiatan semacam ini yang rutin dilakukan setiap hari, dan lagi kalau pas ahad pagi itu ada cek kesehatan gratis dan sembako murah itu sangat membantu apalagi kalau mau lebaran kan biasanya harga-harga jadi pada mahal.” Tutur ibu Azizah warga desa Podo.

Cek kesehatan gratis dan sembako murah bertujuan untuk membantu kemaslahatan warga desa Podo, dalam cek kesehatan gratis termasuk ada cek gula darah dimana diketahui bahwa warga masyarakat sekitar Kedungwuni adalah endemik dengan penyakit diabetes, dan dalam paket sembako murah dengan harga Rp.20.000 paket berisi 1kg beras, 1kg gula dan 1lt minyak goreng dimana jika umum dijual diluaran harga bisa melebihi dari Rp.20.000

“Rencana tahun depan itu kegiatannya semakin bertambah lagi dari tahun ini, saya berangan-angan tahun depan harus ada kampung Ramadhan yang isinya itu ada bazar murah, cek kesehatan gratis, dan ada kegiatan perlombaan-oerlombaan yang bisa lebih memeriahkan ramadhan.” Ungkap Rizal Mag Ghoni ketua PRPM Podo. (MPI Kab. Pekalongan)