Pelantikan PC IMM Ahmad Dahlan Kota Surakarta dan Komisariat

0
976

PWMJATENG.COM, Surakarta- Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Pimpinan Cabang Ahmad Dahlan Kota Surakrta menyelenggarakan acara pelantikan sekaligus Studium General pada Sabtu, (24/11). Acara yang dilangsungkan di Rumah Dinas Wakil Wali Kota Surakarta . Acara ini mendapatkan antusias dari kader-kader IMM pimpinan cabang Ahmad Dahlan Kota Surakarta dengan dihadiri kurang lebih 180 peserta dan tamu undangan dari IMM cabang Ahmad Dahlan sendiri dan juga dari IMM cabang lain termasuk IMM surabaya, IMM Blora, IMM Salatiga dan IMM Sukoharjo. Tidak hanya dari IMM saja namun pergerakan lain pun ikut berpartisipasi sekaligus menghadiri acara pelantikan yang diselenggarakan oleh PC IMM Ahmad Dahlan Kota Surakarta, seperti PMII, HMI, GMNI, GEMAPI, dan IMAMTA.

Acara dimulai dari jam 09.00 – 15.00, dengan rangkaian acara sebagai berikut, pengkondisian peserta, pembukaan, hiburan, sambutan-sambutan ( sambutan dari ketua panitia, ketua cabang periode 2017/2018, perwakilan DPD IMM Jawa Tengah, Wakil Wali Kota, dan Perwakilan PDM sekaligus membuka acara), dilanjutkan dengan hiburan Tapak Suci dari kader PC IMM Ahmad Dahlan Kota Surakarta (Erika Hasanah, Latifah Insani, dan Riski) yang pada minggu kemarin salah satu diantaranya yaitu “Erika Hasanah” behasil meraih juara 3 dengan memperoleh perunggu dan juara satu dengan memperoleh emas pada perlombaan YKTC dan Pandu Samudra Open Cup tingkat Nasional. Acara inti yaitu studium general dan pelantikan Pimpinan Cabang dan Komisariat, penyampaian prakata dari Ketua Umum periode 2018/2019 yang telah dilantik, dan yang terakhir yaitu Makan bersama.

Harapan ketua panitia dalam sambutannya “Semoga pimpinan yang dilantik mampu bersinergi, berfastabiqulhoirot antar Komisariat maupun dengan cabang”, IMMawati Riska Septiyani Susanti.

Wakil Walikota Surakarta, Dr. H. Ahmad Purnomo Apt berpesan dalam sambutannya agar para kader IMM jangan melupakan kegiatan akademis nya meskipun aktif dalam berorganisasi, beliau menunggu betul aksi nyata IMM di Surakarta. PDM Surakarta yang diwakili oleh Saiful Islam M.Pd menuturkan juga dalam sambutannya IMM semoga semakin Berkemajuan dan bermanfaat bagi ummat. Begitu juga pesan ketua umum periode sebelumnya IMMawan Nuzula Fauzi menyampaikan bahwa pimpinan yang ragu dan bimbang lebih baik untuk pulang dalam sambutannya. .

Studium General di acara pelantikan ini mengangkat tema “ Menanamkan Pendidikan Karakter untuk Membangun Bangsa dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0”. Bapak Hammam Sanadi, P.hD “menuturkan bahwa Literasi menentukan karakter bangsa di era revolusi 4.0” . Sedangkan Pak Faozan Amar “Di era revolusi industri ini akan ada banyak jenis pekerjaan yang hilang dan tergantikan oleh fungsi robot. selaku pembicara kedua studium general “kita hidup di zaman dimana kita dimanjakan oleh teknologi, maka kita harus pintar-pintar menggunakan teknologi jangan sampai gaptek”.

Harapaannya dengan mengangkat tema ini kader-kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dalam menghadapi era revolusi industri ini dapat berpikir kritis dalam menghadapi suatu masalah, keatif dan inovatif mampu menciptakan hal-hal unik yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada. Selain itu juga harus bisa menerima dan menilai sesuatu dengan baik, termasuk dalam hal menerima berita, seperti pesan Bapak Hammam selaku pembicara pertama “kita harus pandai-pandai menyaring berita yang masuk, apakah berita tersebut benar adanya atau hoak semata” yang paling terpenting adalah dapat mengontrol emosi saat menerima dan menilai berita. Akhir dari studium general ini ditutup dengan closing satement dari Faozan Amar “Urip Iku Urup” kalau dalam bahasa indonesaianya hidup itu menyala, sebagaimana lentera yang menerangi dalam kegelapan,selalu memberikan manfaat bagi sekitar.

Acara pelantikan yang diselenggarakan oleh PC IMM Ahmad Dahlan Kota Surakarta ini merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk mersemikan semua pimpinan terpilih baik dari cabang maupun komisariat. Dengan dilantiknya semua pimpinan maka diharapkan dapat melanjutkan estafet perjuangan untuk IMM berkemajuan serta dapat mengemban amanah dengan baik dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pimpinan. Pelantikan ini merupakan langkah awal untuk melaksanakan struktur organisasi dalam hal ini diharapakan semua pimpinan dapat meningkatkan solidaritas, keilmuan, dan ghiroh perjuangan kader.

Prosesi Pelantikan Disaksikan oleh tamu undangan dari berbagai kalangan, mulai dari tokoh Muhammadiyah dan Aisyiyah, alumni dan demisioner IMM, cabang IMM Se-Jawa Tengah serta pergerakan mahasiswa se soloraya. IMMawan Fajar yang mewakili dari DPD IMM Jawa & IMMawan Ahmad Zia Khakim, yang Tengah melantik punggawa baru IMM Cabang Ahmad Dahlan Kota Surakarta
Adapun pimpinan yang telah dilantik dari PC IMM Ahmad Dahlan Kota Surakarta yaitu Fahri (Ketua Umum), Candra Mahardika (Sekretaris Umum), Uvik Inayah (Bendahara Umum), Riska (Ketua Bidang Organisasi), Nur Kholis Majid (Ketua Bidang Kader), Anjay Roha (ketua Bidang Hikmah), (Ketua Bidang Tabligh), (Ketua Bidang PSM), Sriwijayati Wahid (Ketua Bidang Medkom),

Setelah proses Pelantikan Pimpinan cabang kemudian Pelantikan Pimpinan Komisariat oleh Pimpinan Cabang formasi baru kepemimpinan di tingkat Komisariat dan juga korp instruktur IMM Ahmad Dahlan. Komisariat Prof Hamka diketuai oleh IMMawati Auliya, Komisariat Kasman Singodimedjo diketuai oleh IMMawati Tri Era Khoiriyah, Komisariat AR. Fachruddin diketuai oleh IMMawan Irfan Abdullah Irsyad, Komisariat Azhar Basyir diketuai oleh IMMawati Anisa Prajawati dan korp instruktur Ahmad Dahlan diketuai oleh IMMawan Ichwan Mauludin.

Sebagai penutup dari acara pelantikan ini maka ketua umum periode 2018/2019 menyampaikan prakata, yang diawali dengan ucapan trimakasih kepada segenap panitia yang telah menyukseskan acara pelantikan dan studium generale ini serta para tamu undangan yang telah bersedia hadir sebagai bentuk partisipasi. Harapan dari ketua umum Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammdiyah Ahmad Dahan Kota Surakarta periode 2018/2019 untuk semua pimpinan dan kader “ semoga semua pimpinan yang telah dilantik dapat mengemban amanah dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab, loyal dalam segala kegiatan dan semua kader bisa aktif mengikuti semua kegiatan. Untuk mencapai tujuan, pimpinan bebas dalam menentukan jalan atau ranahnya, misal pimpinan dari komsariat Ar Fachruddin kaultas Syari’ah bisa mengikuti pelatihan advokasi, pelatihan debat dan lain sebagainya, begitupun pimpinan yang dari komsariat lainnya.” Akhir prakata di tutup dengan ucapan permohonan maaf kepada seluruh panitia, pimpinan, kader dan para tamu undangan atas segala kesalahan baik yang disengaja maupun tidak.

Team Media PC IMM Ahmad Dahlan Kota Surakarta