Pelajar SMK Muhammadiyah Lebaksiu Meriahkan Dirgahayu Republik Indonesia Ke-74

0
109
Lomba tarik tambang menggambarkan kekompakan, kegigihan, kerja sama dan kekuatan antar tim Pelajar SMK Muhammadiyah Lebaksiu

PWMJATENG.COM.Lebaksiu – Berbagai cara untuk memeriahkan Dirgahayu Republik Indonesia ke 74 SMK Muhammadiyah Lebaksiu kab Tegal. Para siswa begitu semangat untuk memeriahkan semangat kemerdekaan wujud dari nilai karakter bela negara.

Seperti tema yang di usungkan yaitu Indonesia Gemilang Pemuda Berkemajuan   . Menurut Andi Riswandi,M.Pd menjelaskan sebagai bagian nilai karakter dan cinta tanah air para siswa mengadakan lomba krearif dan inovasi.

Contoh menghias kelas dengan tema kemerdekaan . dan lomba lomba lain seperti tarik tambang. Wujud rasa saling membantu dan menolong tertanam dalam setiap lomba yang memiliki makna.Ungkap Andi Riswandi selaku kepala sekolah.

Lain pula inez selaku ketua IPM SMK Muhammadiyah Lebaksiu Kab Tegal mengatakan, ” Salah satu lomba yang sering dilakukan untuk memeriahkan hari kemerdekaan negara kita adalah lomba tarik tambang.

Lomba ini hanya memerlukan seutas tali tambang besar dan lapangan yang luas, tetapi bisa dimainkan oleh banyak orang, sehingga bisa menimbulkan kemeriahan dan kehebohan.

Lomba tarik tambang adalah lomba yang dilakukan oleh dua tim yang saling menarik ujung tambang yang berlawanan. Jadi seperti dua tim sedang berebut seutas tambang. Jumlah peserta dalam tiap kelompok tergantung pada panjangnya tambang. Umumnya 8 orang.

Lomba tarik tambang selalu dilakukan di tempat terbuka dan lapang. Di atas tanah, tepat di bawah  titik tengah tali tambang, ada tanda tertentu.

Lomba tarik tambang menggambarkan kekompakan, kegigihan, kerja sama dan kekuatan antar tim. Persatuan yang ditunjukkan tim yang bahu membahu berusaha menarik tambang juga menunjukkan betapa para pejuang dahulu harus berusaha keras mendapatkan kemerdekaan.”Ungkapnya. (Hen)