PCM Grogol Adakan Kajian Pagi Selama Ramadhan

0
508

SUKOHARJO – Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Grogol, Sukoharjo, mengadakan kegiatan rutinan kajian pagi selama Ramadhan 1437 H. “Kajian pagi ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang diadakan oleh PCPM Grogol. Sudah masuk dalam program kerja yang dibuat oleh sie dakwah setiap tahunnya. Kajian pagi akan dilaksanakan selama sebulan penuh selama ramadhan, kecuali tanggal 5 Juli kami liburkan karena dipakai persiapan pembagian zakat fitrah,” kata Eko Prasetyo, ketua pelaksana kegiatan, Rabu (22/6/2016).
Kajian pagi dilaksanakan setiap hari mulai pukul 05.30 – 06.30 WIB. Waktu itu dipilih karena dianggap paling memungkinkan untuk pelaksanaan kajian karena tidak terlalu mengganggu aktivitas kerja jamaah. Buktinya, banyak jamaah yang datang untuk mengikti kajian.
“Kajian Kuliah Pagi Ramadhan ini bertujuan untuk memberikan fasilitas bagi jamaah, khususnya di daerah sekitar Kecamatan Grogol memperdalam ilmu agama. Kegiatan ini juga digunakan sebagai ladang syiar islam oleh Pemuda Muhammadiyah Grogol,” tegansnya.
Terkait dengan pembicara, didatangkan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sukoharjo. Sebagian mubaligh berasal dari luar daerah Sukoharjo. Dalam pelaksanaannya, sebelum kajian diisi oleh mubaligh undangan, biasanya diadakan kultum. Kultum disampaikan oleh adik – adik Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah dan Aisyiyah Grogol yang sudah ditentukan sesuai jadwal.
“Ya, biasanya kami sebelum memulai kajian diisi kultum lebih dulu. Kultum itu ditujukan agar adik – adik sudah terbiasa berbicara di depan umum,” ungkapnya.
“Gak rugi Mas. Mubaligh yang menyampaikan materi kan berbeda – beda tiap harinya. Jadi materinya pun pasti juga berbeda. Pokoknya materinya bermanfaatlah karena berkaitan denga amalan sehari – hari,” puji Syafrudin, salah satu jamaah yang hadir.
Kajian Kuliah Pagi Ramadhan yang diadakan oleh PCPM Grogol selama bulan Ramadhan ini bertempat di Masjid Baitul Makmur Solo Baru. (Uut Prihonggo)