Pasrum Affandi, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekalongan terpilih

0
1395

PEKALONGAN – Pasrum Affandi, Kepala SMA Muhammadiyah 1 Pekalongan, terpilih sebagai Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekalongan Periode 2016-2021 pada Musyawarah Daerah Muhammadiyah Kota Pekalongan, Sabtu (12/3) di Gedung Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah (PAYM) Noyontaan, Kota Pekalongan.
Dalam sambutannya, Pasrum Affandi menyampaikan pengembangan cabang dan ranting akan menjadi salah satu prioritas program kerja Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kota Pekalongan kedepan. Menurutnya, pengembangan cabang dan rating adalah indikator utama suksesnya dakwah persyarikatan. “Oleh karenanya pengembangan cabang dan rating menjadi program kerja utama Muhammadiyah kota Pekalongan”, kata Affandi.
Selain itu, Affandi menambahkan, penguatan dibidang organisasi dan pendidikan juga akan prioritas Muhammadiyah kota Pekalongan selama lima tahun kedepan. Ia menuturkan, penguatan di bidang organisasi tidak lain adalah upaya untuk menguatkan internal Muhammadiyah, baik pimpinan, majelis, dan, anggota, serta menguatkan ideologi persyarikatan warga Muhammadiyah.
Di bidang pendidikan, lanjutnya, adalah upaya Muhammadiyah untuk mengembangkan dan memajukan sekolah, baik dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi, terutama dalam meningkatkan mutu dan daya saing pendidkan Muhammadiyah di kota Pekalongan. “Semoga para pimpinan baru bisa saling menguatkan dan bekerjasama dengan baik. Karena itu kunci sukses sebuah organisasi”, ucap Affandi.
Di waktu yang bersamaan, Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) kota Pekalongan juga menyelenggarakan Musyda. Dari musyda tersebut terpilih kembali Siti Supriyati sebagai ketua PDA kota Pekalongan.
Pawai Ta`aruf Meriahkan Musyda
Sementara itu, pembukaan Musyawarah Daerah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah sendiri diawali dengan pawai taaruf. Kegiatan pawai tersebut dimulai pada pukul 13.30 WIB dari Gedung PAYM Noyontaan dan berakhir di Gedung Mts Muhammadiyah di kawasan Ahmad Yani Pekalongan.
Ketua Panitia Musyda, Nyoto Slamet, didampingi Koordinator Seksi Humas dan Publikasi, Tubagus MS, menyatakan pawai taaruf tersebut melibatkan seluruh sekolah di lingkungan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. “Pawai dimeriahkan marching band dari SD Muhammadiyah se-Kota Pekalongan dengan kekuatan lebih dari 1.500 personil,” ujarnya.
Adapun rute yang akan dilalui oleh parade pawai taaruf adalah Jalan Dr. Wahidin, Dr. Cipto, Nusantara, Pendopo Kabupaten, KH. Wahid Hasyim, Maninjau kemudian menyeberang ke Jl. Tondano, Jl. Ahmad Yani dan berakhir di Gedung MTs Muhammadiyah.
Musyda Muhammadiyah Kota Pekalongan sendiri diikuti oleh 100 orang yang merupakan utusan dari Daerah, Cabang dan Ranting serta organisasi otonom di bawah Muhammadiyah, seperti Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul ‘Aisyiyah, Hizbul Wathan, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).
Selain itu, Panitia Musyda juga mengundang tokoh nasional dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Goodwill Zubir, sebagai pembicara pada Kajian Ahad Pagi di Masjid Darul Iman Komplek PAYM Noyontaan. Kajian dimulai pukul 05.30 dan berakhir 07.30 WIB. (gsh/tim pekalongan/suaramuhammadiyah.com/editor Fakhrudin PWM Jateng)