Pasca UN, SMK Muhammadiyah 3 Weleri Gelar Pembekalan Memasuki Dunia Kerja

0
1005
Siswa kelas XII/TKR 2 SMK Muh 3 Weleri saat mengikuti pembekalan

PWMJATENG.COM, KENDAL – Salah satu missi utama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah untuk mempersiapkan peserta didik sebagai calon tenaga kerja yang memiliki kesiapan untuk memasuki dunia kerja. Keberadaan sekolah kejuruan dituntut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, yaitu kebutuhan tenaga kerja. Memahami hal tersebut, SMK Muhammadiyah 3 Weleri Kendal pasca Ujian Nasional (UN) 2017 Senin – Kamis ( 10-13/4) menggelar pembekalan memasuki dunia kerja untuk mereka yang sebentar lagi akan segera meninggalkan almamaternya.

Dihadapan peserta pembekalan, kepala SMK Muhammadiyah 3 Weleri, H. Yusuf Darmawan, M.Pd, Dip.Kmd mengatakan dunia kerja adalah dunia baru yang akan segera dimasukinya dan agar nantinya bisa menembus sebuah perusahaan dibutuhkan strategi. “ Melalui pembekalan ini ada persiapan diri yang matang. Pilihlah perusahaan yang sejalan dengan jurusannya “ kata Darmawan.

Kun Wahyono Tri Jatmiko, S.Pd, Dip.Kmd ( kanan ) mendampingi Imam Kismianto, S.Pd. Dip.Kmd sast menyampaikan materi

Menurut beliau seluruh jurusan atau bidang keahlian di SMK Muhammadiyah 3 Weleri sudah terakreditasi dan menjalin kerjasama dengan perusahaan yang sejalan dengan jurusannya, dan diharapkan bisa dimanfaatkan untuk dimasuki sebagai pekerja di perusahaan tersebut. Ditambahkan, ada kata kunci sukses menembus dunia kerja. “ Pilihlah perusahaan yang sesuai dengan jurusan, jangan mudah putus asa, manfaatkan dan perluas jaringan informasi tentang dunia kerja, jangan ragu menunjukkan kemampuan, skill, keseriusan, tanggungjawab, masuklah dunia kerja dengan cara yang sehat, lepas dari suap, dan jangan lupa banyak berdo’a “ sarannya.

Kegiatan pembekalan memasuki dunia kerja diikuti oleh 456 siswa kelas XII dari seluruh jurusan yang ada, yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Tehnik Sepeda Motor (TSM), Tehnik Komputer dan Jaringan (TKJ), Tehnik Audio Video (TAV), dan Farmasi.

Ketua panitia Kun Wahyono Tri Jatmiko, S.Pd, Dip.Kmd  ketika ditemui pwmjateng.com di sela – sela acara mengatakan, mengingat jumlah siswa kelas XII cukup banyak, maka tehnik kegiatan pembekalan setiap harinya diatur sesuai dengan jurusan. “ Hari ini adalah jadwal pembekalan untuk anak – anak jurusan Tehnik Kendaraan Ringan, dan besok untuk jurusan yang lain “ kata Kun Wahyono yang juga ketua Bursa Kerja Khusus (BKK) sekolahan setempat. Beliau berharap dengan pembekalan ini siswa akan faham tentang dunia kerja beserta tata cara memasukinya. Ditambahkan materi pembekalan antara lain cara membuat surat lamaran pekerjaan, tehnik menghadapi wawancara, dan dengan nara sumber internal guru yang sesuai dengan kompetensinya.

Kemampuan dan bisa bekerja di perusahaan yang sesuai dengan jurusannya adalah harapan semua siswa, termasuk Alief Wiji Santoso (17) siswa kelas XII/TKR 2. “ Saya betul – betul ingin bekerja di perusahaan sesuai jurusan saya. Alhamdulillah pembekalan ini memberi manfaat bagi kita. “ kata Alief. Menurutnya pembekalan ini memberi pengetahuan tentang bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan dan cara menghadapi wawancara. Hal tersebut juga diakui Rizqa Dwi Putri Lubis (17) kelas XII/Farmasi 2, bahwa pembekalan yang akan diikuti hari ketiga nanti diharapkan bisa membantu dirinya dan teman – temannya ketika akan memasuki dunia kerja. “ Saya maunya satu tahun ke depan ini bisa bekerja di apotik atau toko obat, dan tahun berikutnya rencananya kuliah “ kata Rizqa yang mengakui ketika program Prakerin sudah ditawari oleh pemilik apotek, tempat ia magang agar setelah lulus bisa bekerja di apotik tersebut. (A. Ghofur/MPI Kendal)