Paham Radikal dan Terorisme. Tafsir: Pemahaman Keliru Agama Bisa Berakibat Fatal

0
288

MAKASSAR – Pemahaman agama yang keliru bisa berakibat fatal. Antara lain akan menjurus kepada aksi radikal dan terorisme. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Drs. H. Tafsir, M.Ag, menanggapi paham radikal yang menjadi salah satu pembahasan materi dalam muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar, 3-7 Agustus 2015.
Lebih lanjut Drs H Tafsir MAg mengatakan bahwa dalam agama, memang ada ayat yang menyebut menghancurkan musuh. “Namun hendaknya, ayat itu dipahami secara mendalam dan jangan diterima secara mentah. Sebab jika diterima mentah bisa berakibat aksi radikal yang anarkis macam teroris,” terangnya.
Tafsir juga memaparkan, bahwa pemicu lain dari aksi terorisme adalah ketidakadilan, kemiskinan, dan akses informasi dari luar yang semakin maju. “Salah satu cara mencegah aksi terorisme adalah dengan bimbingan dan pengawasan keluarga. Misalnya, kalau pergi ke pesantren kilat, perlu diawasi. Sebab kemungkinan sang pemberi materi justru menyajikan ideologi menyesatkan atau menjurus aksi terorisme,” tegas Tafsir. (Nugroho Wahyu Utomo/CN41/SMNetwork/suaramerdeka.com/Fakhrudin)