Musywil IPM Jateng, awal Perubahan Paradigma Keilmuan Pelajar

0
653

PWMJATENG.COM, KENDAL – Musyawarah Wilayah XXII IPM Jawa Tengah kali ini mengangkat tema Aktualisasi Gerakan Keilmuan, Menuju Ipm Jawa Tengah Yang Berkemajuan. Rencananya Muswyil IPM di laksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Weleri Kendal pada tanggal 2 – 5 Maret 2017. Gerakan keilmuan menjadi salah satu upaya memperjelas gerakan pelajar berkemajuan yang memiliki tafsir holistik sehingga belum mampu secara masif difahami oleh pelajar pada umumnya. Maka perlu adanya kajian satu gerakan yang paling sesuai dengan pelajar yaitu gerakan keilmuan.

Gerakan keilmuan diharapkan mapu menjadi bagian dalam upaya mementuk pribadi berkemajuan di Jawa Tengah. Bukan hanya maju secara teknologi, namun juga maju secara pemikiran dan progress dalam setiap karya nyata. Meski tak dipungkiri, perkemangan teknologi yang sangat pesat turut mempengaruhi cara berfikir kader ikatan. Ditambah dengan munculnya generasi Z yang terdiri atas remaja kelahiran 1994 – 2010 yang mayoritas adalah basis masa IPM. Namun, tantangan ini harus dapat dimanfaatkan IPM menjadi peluang untuk merumuskan strategi dakwah gerak pelajar generasi Z.

Dengan branding Pelajar berilmu, IPM kembali hadir untuk berperan dalam pengembangan pendidikan melalui hidden curriculum yang senantiasa dibawa dala setiap geraknya. Nama IPM yang kembali setelah beberapa tahun menggunakan nama IRM diharapkan mampu mempertajam ruh – ruh keilmuan pelajar. Gerakan keilmuan dengan membawa ruh Ilmu Sosial profetik, bukan hanya menempatkan ruh liberasi intelektual dalam geraknya, namun juga transendensi dan humanitas yang senantiasa berpadu dala setiap ruang gerak IPM. Gerakan ilmu menjadi bentuk perlawanan terhadap kebodohan dengan segala bentuk upaya penyadaran dan pencerdasan serta pembelaan bagi hak – hak pelajar untk tatap berkarya. Diharapkan, pelajar muhammadiyah benar – benar mampu tumbuh menjadi pelajar yang berilmu, terampil secara skill melalui pemberdayaan dan ruang potensi, dan berakhlak mulia kepada sesama.

IPM memiliki potensi yang sangat besar untuk terus berkemang dan berkarya di setiap zaman. Dukungan dari berbagai pihak pun menjadi kekuatan tersendiri untuk IPM melebarkan sayapnya untuk kemajuan bangsa, persyarikatan dan agama. Momentum Musyawarah Wilayah ini diharapkan mampu menjadi salah satu media transformasi dan peneguhan potensi yang dimiliki IPM khususnya di Jawa Tengah.