Muhammadiyah Gelorakan Kemajuan Masyarakat Melalui Media Sebagai Cyber Religion

0
1266

SUKOHARJO – Era globalisasi dan kemajuan teknolongi dituntut serba tahu dan mengerti bagaimana menghadirkan media yang baik untuk umat dalam kemajuan pendukung dakwahnya. Salah satunya kegiatan Workshop Pengelolaan Website, Database, dan Jurnalistik Media Online disambut baik oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta pada pembukaan acaranya (26/8/16) yang berlangsung di gedung Fakultas Kedoktaran. Melalui Wakil Rektor IV Dr. Sofyan Anif, M.Si, menyambut adanya kegiatan yang dilasksanakan Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah itu.
Sofyan Anif, mengatakan Agenda yang diselenggrakan Majelis Pustakan dan Informasi ini cukup setrategis,sebagaimana yang dilakukan KH Ahmad Dahlan dulu dalam mendirikan Muhammadiyah sebagai upaya menciptakan ‘masyarakat yang maju’, bukan masyarakat yang lemah, dengan adanya pelatihan inilah sebagai upaya meciptakan masyarakat maju melalui media.”, Ungkapnya.
Sehingga menurut Sofyan, Muhammadiyah harus dikelola secara modern, jika mau mewujudkan masyarakat yang maju. Salah satunya menggeliatkan media melaui Majelis Pustaka dan Informasi disetiap pimpinan wilayah dan daerahnya sebagai upaya mewujudkan masyarakat yang maju. Oleh karen itu Pimpinan Daerah dan juga Pimpinan Wilayah harus harus bisa menggelola media dengan baik melalui website yang sudah tersub-domainkan dengan website Muhammadiyah Pusat.”
Sofyan, secara pribadi maupun secara lembaga Universitas Muhammadiyah sangat mendukung kegiatan Majelis Pustakan dan Informasi. Melihat tantangan Muhammadiyah kedepan semakin berat, untuk itu Muhammadiyah harus menyelamatkan masyarakat dari cyber religien, dimana masyarakat yang ketergantungan dengan media online dalam referensi pengetahuan agamapun seringkali mengutip media online. Dari sinilah Muhammadiyah melalui Majelis Tarjih harus mampu juga mempublish seluas-luasnya hasil keputusan khusunya masalah-maslah agama yang belum ada kejelasan mengenai hukum dan fikihnya.” Ungkapnya. (andi mahfuri)