Melalui Teleconference, Muhammadiyah Karanganyar Laporkan Perkembangan Persyarikatan Kepada PWM Jateng

0
140

PWMJATENG.COM, KARANGANYAR – Wabah Covid 19 yang belum juga menunjukkan tanda-tanda hilang penyebarannya di Indonesia dan khususnya di Provinsi Jawa Tengah tidak boleh menghalangi proses informasi dan komunikasi terkait persyarikatan. Melalui media daring, Sabtu (18/04) dilaksanakan Rakor PWM dengan PDM dan Ortom Wilayah Via Teleconference. Bertempat di Aula Lantai 2 Gedung Dakwah Muhammadiyah Karanganyar Pimpinan PDM mengikuti acara rakor tersebut.

Dalam rakor Tafsir sebagai Ketua PWM Jawa Tengah sekaligus pimpinan rakor memberikan kesempatan masing-masing PDM untuk melaporkan situasi dan perkembangan persyarikatan.

Ketika tiba giliran laporan, Ketua PDM Karanganyar Muh. Samsuri menyampaikan beberapa hal terkait dinamika persyarikatan, antara lain :

Pertama, terkait dengan maklumat PP Muhammadiyah yang berhubungan dengan penangan dan pencegahan Covid 19 PDM Karanganyar telah menindaklanjutinya. “Untuk kegiatan pencegahan kami telah melaksanakan instruksi persyarikatan dan himbauan pemerintah dengan protokol kesehatan dan pembatasan sosial, salah satunya pelaksanaan kantoran dilakukan secara online dengan pimpinan Majelis, Lembaga, Ortom dan AUM”.

Kedua, terkait dengan istruksi pembentukan MCCC dari PDM telah melakukan dengan Surat Tugas Tim MCCC PDM Karanganyar dengan anggota 19 orang ditambah relawan dari cabang-cabag dan ortom sejumlah 99 orang. Dalam kegiatan MCCC Karanganyar telah melakukan kegiatan penyemprotan sejumlah 2008 titik, diantaranya 24 adalah gereja dengan menghabiskan 6.180 liter desinfektan. Pemasangan sticker edukasi 1.200 lembar, distribusi masker 1.000 buah, disteribusi Hand Sanitizer. Untuk bantuan sembako telah disiapkan yang akan didistribusikan tanggal 22 April 2020, melalui PDNA sejumlah 330 paket untuk guru-guru ABA dan 65 paket oleh Lazismu kepada pemulung, tukang sapu dll. Adapun donasi yang telah dihimpun sejumlah 76 juta rupiah.

Ketiga, terkait dengan kegiatan ibadah dan persiapan ramadhan dapat dilaporkan bahwa ada satu atau dua dinamika menyikapi tuntunan ibadah dalam masa Pandemi Covid 19 tentu wajar. Untuk kegiatan ramadhan PDM Karanganyar telah menerbitkan jadwal imsyakiyah dan dibagikan kepada warga, juga menyiapkan kajian-kajian online selama bulan ramadhan. Telah terjadi sinergi antara Majelis Tarjih, Majelis Tabligh dan Majelis Pustaka dan Informasi untuk menyediakan konten-konten dakwah selama bukan ramadhan.

“Demikian bapak-bapak Pimpinan Wilayah yang dapat dilaporkan” Kata Muh. Samsuri selaku ketua PDM Karanganyar yang didampingi delapan pleno pimpinan PDM. (MPI PDM Kra-JOe).