Majelis Pustaka Informasi Gelar Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Muhammadiyah Se-Jawa Tengah

0
295

Sukoharjo – Majelis Pustaka Informasi (MPI) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah bekerjasama dengan MPI Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah mengadakan Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Muhammadiyah Se-Jawa Tengah, di auditorium Muhammad Djazman, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, beberapa waktu lalu.
Ketua MPI PP Muhammadiyah, Dr. H. Muchlas, M.T, mengatakan pelatihan kompetensi manajerial dalam pengelolaan perpustakaan sekolah dan taman pustaka Muhammadiyah merupakan bentuk dari kesungguhan Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) dalam mengembangkan SDM pengelola perpustakaan dan taman pustaka Muhammadiyah. Muchlas menambahkan MPI saat ini telah menerbitkan buku Panduan Pengelolaan Taman Pustaka Muhammadiyah, MPI berharap pasca pelatihan tersebut para peserta mampu membantu mengembangkan taman-taman pustaka Muhammadiyah di setiap PCM ataupun PDM. “Forum pelatihan ini merupakan ajang silaturahim para pengelola perpustakaan sekolah maupun taman pustaka muhammadiyah, sehingga bisa saling bersinergi satu sama lain, serta bisa membantu proses pengembangan perpustakaan muhammadiyah semakin baik lagi”, papar Muchlas.
Sementara itu, Ketua Majelis Pustaka Informasi PWM Jawa Tengah, Muhammad Dwi Fakhrudin, S. Pd, mengatakan dirinya mengundang 100 sekolah Muhammadiyah se-Jawa Tengah untuk mengikuti kegiatan tersebut. “Tiap daerah kami pilih tiga sekolah tingkat SMA/SMK dari setiap Pimpinan Daerah Muhammadiyah, yang sudah mempunyai pengelolaan perpustakaan bagus, dan yang masih perlu peningkatan pengelolaan perpustakaannya”, jelas Fakhrudin. Fakhrudin sangat berharap agar SDM pengelola perpustakaan sekolah Muhammadiyah di Jawa Tengah dapat mengubah mindset perpustakaan yang pasif, menjadi perpustakaan yang kreatif dan menunjang proses belajar siswa di sekolah. (dzar)