Launching Sanggar Saung Angklung SD Muhammadiyah 1 Slawi

0
357

Slawi, Tegal – Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Slawi, Kabupaten Tegal Melaunching Sanggar Saung Angklung untuk menambah kegiatan ekstrakurikuler siswanya sebagai upaya meningkatkan kreatifitas. Launching tersebut dilaksanakan bersama dengan hari ber-Muhammadiyah Kabupaten Tegal beberapa waktu yang lalu.
Kepala SD Muhammadiyah 1 Slawi, Rubijo, mengatakan bahwa Aung Angklung tersebut akan menjadikan anak di sekolah lebih kreatif. Menurut Rubijo, sanggar tempat berlatih seni angklung tersebut diharapkan menjadi tempat kreatifitas yang mampu meningkatkan kemampuan manusia menjadi survive dan eksis bertahan hidup. Kreativitas yang dimaksud adalah sebagai segala bentuk kebudayaan yang dihasilkan anak untuk menghadapi dan memecahkan problem hidup. “Membangun Budaya Kreatif tidak lain adalah membangun sikap yang terbuka dan toleran sebagai salah satu cara selalu berusaha kea rah lebih baik,” katanya.
Gagasan mendirikan Saung Angklung di SD Muhammadiyah 1 Slawi terinspirasi dari kegiatan Saung Angklung Mang Ujo di Jawa Barat. “Akhirnya proses kreatif ini bisa terbentuk di SD muhamadiyah 1 Slawi,” kata Rubijo menjelaskan.
Kegiatan belajar anglung diikuti oleh siswa kelas 4 hingga kelas 5. Rubijo berharap kegiatan di saung angklung dalam kiprah music tradional itu mampu membentuk dan menciptakan karakter peserta didik yang religius, modern , kreatif , demokratis, dinamis , ceria dan enjoy. (Hendra Apriyadi, editor: Edi Faishol, Fakhrudin)