Kunjungan Presiden AFDA, Chwang Leh Chii, DrPH, RD, di Universitas Muhammadiyah Semarang

0
280

SEMARANG – Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) mendapat tamu kehormatan Presiden Asian Federation of Dietetic Association (AFDA), Chwang Leh Chii, DrPH, RD, beberapa waktu yang lalu. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Rektor Unimus, Prof. Djamaluddin Darwis, MA, beserta wakil Rektor.
Mrs. Chwang yang juga bekerja di Department of Food and Nutrition Taipei Veterans General Hospital, Taipei, Taiwan, memberi kuliah umum kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (Fikkes) Unimus. “Saya sangat senang berkunjung ke Indonesia, terlebih Kota Semarang, karena kota ini pernah disinggahi Laksamana Cheng Ho. Indonesia sudah dikenal oleh bangsa China kaya akan buah-buahan yang tidak dijumpai di daerah lain. Pada saat perjalanan Cheng Ho pulang membawa buah dari Indonesia diantaranya buah Durian, Manggis, dan Nangka,” jelasnya. “Ini adalah tantangan bagi Anda para mahasiswa bagaimana mengolah, menyajikan dan mempromosikan makanan sehat alami ini bagi masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan mereka, “ tambah Dr. Chwang, yang juga menjabat sebagai presiden The Chinese Dietetic Society.
Mahasiswa Fikkes dari Prodi Gizi, Teknologi Pangan, dan Keperawatan sangat antusias mendengarkan paparan dari Dr. Chwang, hal tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan. Diantaranya ada mahasiswa yang bertanya, apa resepnya orang Tiongkok umurnya panjang? Dengan cekatan Dr. Chwang menjawab, “Orang kalau ingin sehat harus punya pola hidup dan pola makan yang sehat. Saya ambil contoh, tadi pagi saya sarapan di hotel diberi menu pilihan ayam goreng dan nasi goreng. Ini contoh makanan yang tidak sehat karena tinggi lemak dan minyaknya”, papar Dr. Chwang
Pada kesempatan tersebut, Dr. Chwang mengundang segenap dosen dan mahasiswa Unimus untuk datang ke Taiwan Agustus 2014 pada acara 6th Asian Conggress of Dietetics. Forum tersebut akan membahas perkembangan mutakhir dietetic, penyajian pangan, aspek pendidikan dan budaya pangan di Asian dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan. “Bisa dikunjungi kegiatan tersebut di web kami di www.acd2014 .org atau http://acd2014.aoetek.com,” ajak Dr Chwang.
Mengakhiri kuliah di hadapan sekitar 80 mahasiswa tidak lupa dia berpesan kepada mahasiswa untuk belajar yang sungguh, mengingat persaingan dunia kerja sangat ketat. (agus/Fakhrudin/unimus.ac.id)