Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Kunjungi Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Klaten

0
433

Klaten – Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Dikti Litbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof. H. Lincolin Arsyad, Ph. D, meminta perguruan tinggi Muhammadiyah di Klaten melakukan penguatan kelembagaan untuk kemajuan kampusnya. Hal tersebut disampaikan saat melakukan kunjungan di Akademi Akutansi Muhammadiyah (AAM) Klaten, Selasa (2/2). Rombongan Majelis Dikti disambut Pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dan Badan Pelaksana Harian Akademi Akutansi Muhammadiyah, Stikes Muhammadiyah dan Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Klaten.
Lincolin Arsyad mengatakan untuk menguatkan kelembagaan PTM di Klaten perlu adanya tata kelola perguruan tinggi dengan budaya korporasi. Budaya korporasi sendiri menurut Lincolin Arsyad memiliki karakteristik seperti pengambilan keputusan secara demokratis, transparan, akuntabilitas, menghormati perbedaan dan hak sesama, serta mengindahkan hukum maupun aturan yang berlaku.
Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Klaten, Muchtar Anshari, mengatakan pertemuan tersebut dilaksanakan untuk menggagas bagaimana upaya memajukan PTM di Klaten. Menurutnya, saat ini tiga PTM di Klaten masih perlu banyak pelakukan pembenahan dalam hal pengelolaan kelembagaannya. “Pembenahan yang dilakukan terutama penguatan tridharma perguruan tinggi dari masing masing PTM di Klaten, diantaranya dari pendidikan dan pengajaran, meningkatkan eksitensi kampus sebagai pusat penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat ”tuturnya.
Muchtar Anshari juga mengatakan Pimpinan Daerah Muhammadiyah berupaya penyehatan PTM di Klaten dengan membuat struktur majelis yang membidangi perguruan tinggi muhammadiyah, diharapkan majelis tersebut dapat menjadikan PTM di Klaten lebih maju. (Nur Muhammad/Salfamedia.com/editor: Fakhrudin PWM Jateng)