Jelang Pentasbora Pelajar Muhammadiyah Jawa Tengah

0
314

Mendekati waktu pelaksanaan Pekan Ta’aruf Seni-Budaya dan Olahraga (Pentasbora) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) se-Jawa Tengah, Pimpinan Wilayah IPM Jawa Tengah menggelar rapat persiapan Pentasbora di Gedung Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah pada Minggu (10/8) lalu. Rapat dihadiri oleh jajaran PW IPM Jawa Tengah dan panitia Pentasbora.
Salah satu panitia Pentasbora, Miftahul Soleh, mengatakan Pentasbora yang akan dilaksanakan di Blora tanggl 4-7 September 2014 memilih tema Revitalisasi Peran Pelajar Terhadap Seni Budaya dan Olah Raga Demi Mewujudkan IPM Jawa Tengah yang berkemajuan. “Tujuan utama diadakannya Pentasbora adalah menjaring minat dan bakat budaya pelajar Jawa Tengah sekaligus mengasah kecintaan pelajar pada budaya.
Tak hanya itu, pagelaran budaya ini juga dimaksudkan unutk sarana pelestarian produk seni budya bangsa, kususunya di Jawa Tengah, disamping juga agar pelajar diajak untuk memproduksi kreatifitas budaya yang sesuai dengan nilai dan identitas bangsa,” kata Miftah disela-sela rapat.
Pada Pentasbora ini berbagai rencana kegiatan telah dipersiapkan secara matang. Kegiatan meliputi lomba seni-budaya dan olah raga, seminar budaya, pentas musik, pameran buku, pameran batik, dan lain-lain. Adapun tempat pelaksanaan Pentasbora ini adalah Kompleks Perguruan Muhammadiyah Blora.
“Paling tidak, Penatsbora ini menjadi salah satu media strategis dalam menghadang merangseknya budaya asing yang tidak sesuai dngan identitas bangsa,” tegas Miftah. (Agung)