Ilmu Gizi Unimus Juara II Nasional Dietetic Award

0
472

DENPASAR – Dalam rangka kegiatan Proses Asuhan Gizi Terstandar (PAGT) Nasional II yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Assosiasi Dietesien Indonesia (ASDI), Dosen Program Studi S1 Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan dan Keperawatan (FIKKES) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Sufiati Bintanah, SKM, M.Si dan Hapsari Sulistya Kusuma, SGz, M.Si, telah mewarnai kancah dunia ilmiah nasional dengan meraih juara II dalam Dietetic Award yang diselenggara di Denpasar, Bali, beberapa waktu lalu.
Dietetic Award sendiri diikuti 300 orang peserta dari seluruh Indonesia. Dietetic Award, terbagi dalam dua kegiatan yaitu Oral Presentation dan Poster Session. Karya Tulis Dosen Unimus ditetapkan sebagai 10 finalis yang berhak mempresentasikannya di Denpasar, dan berhasil meraih Juara II Nasional. Tampil sebagai Juara 1 Program studi Gizi dari Universitas Airlangga, sedangkan Juara 3 diraih oleh RSCM Jakarta.
Kegiatan yang diselenggarakan oleh ASDI tersebut, bertema “Tantangan Dietisien Menghadapi Standarisasi Pelayanan Gizi Bertaraf Nasional dan Internasional”. Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Dietisien dalam PAGT serta pelayanan makanan yang tepat dan up to date sesuai dengan standar akreditasi Nasional maupun Internasional.
Selain PAGT, disampaikan pula materi teknis seperti Manajemen Penyelenggaraan Makanan, Terapi Gizi Medis pada Kanker Anak, Penyakit Ginjal dan HIV/AIDS, serta Obesitas Pada Anak dan Orang Dewasa.
Pelatihan tersebut diikuti oleh para Dietisien, Nutrisionis, Staf Pengajar Gizi, serta Pemerhati Gizi dan Dietetik. (Fakhrudin/unimus)