Dari Pidato hingga Pohon Impian, IPM Mayong Sukses Selenggarakan TM 1

0
637

PWMJATENG.COM, Jepara – Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Mayong Jepara menyelenggarakan kegiatan perkaderan Taruna Melati 1. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Mayong pada Sabtu (9/6/18) hingga Senin (11/6/18). Kegiatan ini diikuti 40 peserta yang berasal dari utusan Masjid, Panti Asuhan dan Sekolah Muhammadiyah di wilayah Mayong dan sekitarnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjalankan fungsi perkaderan dan pembekalan calon pimpinan. “Kegiatan TM 1 ini dijadikan pembekalan kepada Ranting IPM Sekolah dan Desa sebagai persiapan melanjutkan kepemimpinan” Terang Amar selaku Ketua PC IPM Mayong.

Berbagai materi pelatihan di sampaikan salah satu diantaranya adalah materi retorika. Dalam materi ini peserta diajarkan teori dan teknik retorika sehingga dalam menyampaikan pidato dan ceramah dapat lebih mantap. Hadir sebagai pemateri ini yaitu Heri Totowiyono M.Pd, dirinya menerangkan bahwa retorika adalah seni untuk mempengaruhi melalui ucapan “Dalam pidato dibutuhkan retorika sebagai upaya mempengaruhi pendengar” terang Heri.

Ada hal menarik dalam kegiatan ini. Peserta di suruh untuk menulis harapan yang di tempel di pohon impian. “Saya ingin mengaktifkan kembali pengajian malam minggu yang lama tidak aktif” Harapan salah satu peserta yang di tempel di pohon impian.

Kegiatan ini merupakan acara perkaderan perdana yang diadakan PC IPM Mayong. Di targetkan setiap periode akan melaksanakan acara serupa. Acara ditutup dengan sosialisasi kuliah yang disampaikan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Semarang. (Arief)